Sukses

Terungkap, 5 Kebiasaan yang Merusak Bulu Mata

5 Kebiasaan ini dapat merusak keindahan bulu mata Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bulu mata menjadi elemen penting dalam wajah, yang dapat membuat mata Anda lebih berbicara. Tak heran, segala macam jenis makeup hingga perawatan, berlomba untuk membuat tampilan bulu mata menjadi lentik, tebal, dan juga lebih panjang. 

Mulai dari beragam jenis maskara, perawatan extension bulu mata, hingga bulu mata palsu, dibuat untuk memenuhi kebutuhan wanita. Para wanita merasa bulu mata miliknya kurang panjang, kurang tebal dan kurang lentik. Padahal, tanpa disadari kebiasaan wanita yang membuat bulu mata mereka tersisa, dan rontok satu per satu.

Melansir dari Marieclaire.com, Senin (6/6/2016), berikut 5 kebiasaan wanita, yang ternyata merusak bulu mata.

1. Menjepit setelah menggunakan maskara

Setelah menggunakan maskara, otomatis bulu mata akan menjadi lebih tebal dan kaku. Maka ketika Anda mejepitnya, terutama dengan penjepit bulu mata besi, bulu mata akan lebih rapuh untuk patah. Selain itu, melakukan kebiasaan ini juga dapat membentuk lekukan aneh permanen di bulu mata Anda.

2. Memakai bulu mata palsu dengan cara yang salah

Jika Anda pemakai bulu mata palsu secara konstan, mungkin Anda akan merasa bulu mata Anda menipis dan rontok. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan serat bulu yang palsu terlalu sering, menggunakan bulu mata palsu ganda yang berat, dan mencabut bulu mata secara tidak tepat.

Jangan pernah menarik bulu mata secara kasar, seperti Anda mencabut plester. Sebaiknya, gunakan minyak (seperti baby oil, atau minyak zaitun) sembari menggosok hingga lem terlepas dari bulu mata.

3. Anda menggunakan pembersih riasan yang salah

Pembersih riasan berbahan dasar minyak adalah pembersih yang paling lembut untuk bulu mata Anda. Apalagi jika Anda menggunakan maskara anti air (waterproof). Pembersih berbahan dasar minyak (Seperti minyak zaitun, atau minyak kelapa), tak hanya dengan lembut membersihkan maskara yang tebal, tetap juga merawat bulu mata dengan nutrisi vitamin.

4. Anda menggunakan maskara anti air setiap hari

Apapun jenis pembersih riasan yang Anda gunakan, pasti Anda harus menggosok area mata berkali-kali untuk membersihkan maskara yang melekat di bulu mata. Kebiasaan menggosok tersebut ternyata tak hanya membuat bulu mata rontok, tapi juga membuat kulit di area mata kendur.

Formula anti air lebih baik digunakan untuk acara khusus, seperti menghadiri acara pernikahan yang membutuhkan riasan Anda prima seharian penuh.

5. Anda tidak membersihkan dengan tepat

Sama seperti pori-pori wajah, folikel rambut di bulu mata juga dapat tersumbat oleh kelenjar minyak. Hal ini menyebabkan peradangan yang mengakibatkan kerontokan bulu mata, dan juga membuat bulu mata bertumbuh ke arah yang tidak benar. 

Pastikan Anda membersihkan bulu mata Anda seperti Anda membersihkan kulit wajah Anda. Dan usahakan untuk tidak menyentuh menggunakan jemari yang kotor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.