Sukses

Mata Lelah Kurang Tidur? Siasati dengan Riasan Berikut

Mata Anda terlihat lelah karena kurang tidur? Siasati dengan gaya riasan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Deadline pekerjaan selama seminggu dan kurang tidur dapat membuat tampilan wajah kurang atraktif. Belum lagi bayangan hitam di bawah mata yang membuat mata terlihat sangat lelah, dapat menyebabkan muka terlihat tua. Agar mata nampak cerah, berikut adalah beberapa tips makeup yang dilansir dari Allure.com, Selasa (3/5/2016).

1. Gunakan eyeliner warna terang

Eyeliner dalam warna peach, krem atau putih yang diaplikasikan di dalam garis kelopak mata bagian bawah membuat tampilan mata nampak lebih besar dan cerah, sekaligus mengalihkan fokus dari lingkaran gelap dan warna merah di kulit seputar mata.

2. Gunakan eyeshadow shimmer
Eyeshadow shimmer dalam warna nude yang satu warna lebih gelap dari warna alami kulit mata Anda akan memberikan tampilan mata yang cemerlang. Pilih shimmer, bukan glitter (bedanya adalah glitter memiliki kilau lebih mencolok) agar nampak lebih lembut.

3. Lentikkan bulu mata
Bulu mata yang lentik membuat mata nampak lebih terbuka lebar dan segar. Juga, bulu mata yang melengkung ke atas mencegah timbulnya bayangan gelap di bawah mata seperti yang sering terjadi pada bulu mata yang lurus.
Ingin bulu mata lebih lentik? Sebelum digunakan panaskan dulu penjepit bulu mata dengan hairdryer selama beberapa detik. Jika sudah tidak terlalu panas, jepit bulu mata dan langsung gunakan maskara.

4. Gunakan korektor
Lingkaran gelap di bawah mata membuat tampilan mata terlihat letih dan kusam. Untuk itu dibutuhkan concealer untuk menyamarkan. Tapi terkadang lingkaran bawah mata tersebut sangat gelap sehingga perlu korektor sebelum menggunakan concealer.
Beda dengan concealer, korektor digunakan bukan untuk menyamarkan, namun untuk meredam warna gelap dari lingkaran bawah mata. Pilih yang warnanya oranye kecoklatan dan titikkan di seputar lingkaran bawah mata. Baurkan merata dengan sepon lembap dan sesudahnya baru digunakan concealer.

5. Gunakan concealer
Tampilan kulit wajah yang lebih mulus bisa didapat dengan rias yang tepat. Jika ingin menyamarkan lingkaran gelap maupun bercak-bercak noda maka concealer adalah produk yang wajib dimiliki. Menurut makeup artist terkenal Laura Mercier, pilihlah concealer padat karena lebih mampu menutupi noda dan lingkaran gelap, juga lebih tahan lama dan tak mudah luntur jika dibanding dengan concealer cair. Jika Anda menggunakan foundation padat gunakan concealer sebelum foundation, sebaliknya jika menggunakan foundation cair gunakanlah concealer sesudah foundation.

6. Gunakan highlighter atau shimmer shadow
Coba bubuhkan hghlighter maupun shimmer shadow warna nude di sudut-sudut mata bagian dalam. Trik rias ini sangat membantu untuk memberi ilusi mata yang lebih besar, terbuka dan lebih segar. Jangan lupa untuk membaurkan dengan halus.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.