Sukses

Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Alat Makeup Anda?

Alat makeup Anda ternyata juga memiliki batas waktu untuk digunakan. Simak di sini panduan untuk mengetahuinya.

Liputan6.com, Jakarta Akan selalu menyenangkan untuk membeli persediaan makeup baru. Siapa wanita yang tak senang berbelanja lipstik?

Pada dasarnya, Anda harus mengetahui berapa lama Anda telah menyimpan semua makeup, mulai dari saat pertama kali Anda membelinya, hingga sekarang. Ini penting untuk menghindari kerusakan pada kulit wajah Anda akibat alat makeup yang jarang diganti.

Dilansir dari parentsociety.com, Kamis (19/5/2016), berikut adalah panduan untuk mengetahui kapan Anda harus mengganti alat makeup.

1. Maskara

Maskara. Sumber : parentsociety.com

The U.S Food and Drug Administration (FDA) mencatat bahwa seringnya kasus infeksi mata akibat paparan mikroba secara berulang, maka beberapa ahli menyarankan Anda untuk mengganti maskara 3 bulan sekali, setelah pembelian.
Terutama jika maskara telah menjadi kering, maka Anda harus segera membuangnya. Jangan pernah berpikiran untuk menambahkan air, karena itu hanya akan memproduksi bakteri yang lebih banyak.

2. Lipstik

Lipstik. Sumber : parentsociety.com

Aturan penggantian lipstik dan lip liner adalah setiap dua tahun sekali setelah pembelian. Jika Anda ingin menjaga lipstik dalam keadaan baik dalam waktu lama, maka para ahli menyarankan untuk menyimpannya di dalam lemari es.

3. Foundation cair atau primer

Foundation Cair atau Foundation Primer. Sumber : parentsociety.com

Biasanya umur foundation hanya enam sampai 12 bulan setelah dibuka. Jika foundation telah berubah warna, maka Anda harus segera membuangnya.

4. Cat kuku

Cat Kuku. Sumber : parentsociety.com

Cat kuku yang telah dibuka bisa disimpan selama dua hingga tiga tahun berikutnya. Para ahli menyarankan Anda untuk membersihkan leher botol setiap sehabis digunakan, yang dapat menghindari kekeringan.

5. Makeup bubuk (bedak, blush on, dan lain sebagainya)

Makeup berbentuk bubuk. Sumber : parentsociety.com

Segala bentuk makeup dalam keadaan bubuk hanya dapat bertahan selama dua tahun setelah pertama kali digunakan.

6. Pensil alis

Pensil alis. Sumber : parentsociety.com

Anda dapat menyimpan pensil alis selama dua tahun setelah penggunaan pertama. Untuk menjaganya tetap bersih, usahakan untuk selalu mengasahnya.

7. Tabir surya

Tabir Surya. Sumber : parentsociety.com

Untuk perlindungan kulit yang optimal, cobalah untuk menggunakan tabir surya sebelum tanggal kadaluarsa yang telah tercantum pada kemasan.

8. Makeup pada umumnya

Waktu penggantian yang tepat untuk makeup pada umumnya. Sumber : parentsociety.com

Terlepas dari tanggal kadaluarsa atau berapa lama Anda telah memilikinya, cobalah untuk mencium bau produk tersebut. Jika baunya sudah menunjukkan ada yang salah, maka Anda harus segera membuangnya. Terutama jika Anda menggunakan produk makeup yang terbuat dari alam, biasanya mereka memiliki jangka waktu yang pendek untuk disimpan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini