Sukses

Ini Etiket dalam Mengunggah Foto Bayi Orang Lain ke Media Sosial

Mengunggah kabar atau foto tentang bayi yang baru lahir ada aturannya.

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita yang hamil menunggu sembilan bulan untuk akhirnya bisa mengumumkan kelahiran buah hati ke keluarga, teman, dan orang-orang terdekat. Wanita hamil melewati perjuangan hidup dan mati saat melahirkan. Hal yang paling menyebalkan adalah saat orang-orang yang mengunjungi wanita yang baru melahirkan, yang masih dalam pengaruh obat bius dan dipenuhi rasa sakit sekujur tubuh, justru mengunggah foto bayi yang baru saja lahir ke media sosial. Sering kali hal ini dilakukan tanpa izin.

Mengunggah foto bayi yang baru lahir adalah hak sang ibu dan ayah. Sayangnya hal ini banyak tidak disadari oleh orang. Tidak salah jika si ibu ingin jadi yang pertama mengumumkan kelahiran anaknya, bukan? Dilansir dari mashable.com, berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat Anda menjenguk seseorang yang baru saja melahirkan.

1. Jangan mengunggah apa pun di media sosial jika orangtua si bayi belum mengumumkan apa-apa

Bahkan jika Anda adalah sahabat baik si ibu atau ayah, jangan unggah pengumuman apa pun, termasuk foto atau sekadar tweet, jika mereka sendiri belum mengunggah apa-apa. Tunggu saja. Orangtua baru umumnya ingin memastikan bahwa semua keadaan baik-baik saja sebelum membuat pengumuman kepada orang-orang.

2. Boleh memberikan 'like' atau komen, tapi jangan share foto

Misalkan keluarga yang baru saja dikaruniai seorang anak telah mengunggah foto mereka di media sosial, jangan pernah share foto-foto tersebut di akun media sosial Anda tanpa sepengetahuan mereka. Karena teman-teman di akun media sosial Anda belum tentu teman-teman mereka. Jadi jika Anda melakukan itu, Anda memamerkan foto teman anak pada sekumpulan orang-orang yang tidak dikenal.

Jangan unggah apapun di media sosial tanpa izin orangtua sang bayi

3. Jika tak yakin, kirim pesan singkat

Jika banyak orang telah lebih dulu mengunggah foto atau berita tentang kelahiran si bayi tapi orangtuanya sendiri belum, lebih baik Anda mengirim pesan singkat untuk mengucapkan selamat. Tindakan ini bersifat personal dan menujukkan perhatian, dan tidak akan membuat mereka merasa kesal karena sudah ada orang-orang yang lebih dahulu mengumumkan kelahiran anak mereka. 

4. Saat Anda menjenguk keluarga baru ini, selalu minta izin jika Anda ingin mengunggah sesuatu ke media sosial

Baik facebook, Instagram, atau Snapchat, jangan pamerkan bayi kecil yang bukan milik Anda ke orang-orang yang belum tentu dikenal. Bahkan ada orangtua tertentu yang tidak ingin foto bayinya diunggah ke media sosial manapun.

5. Jika Anda adalah calon ibu yang akan melahirkan, lakukan persiapan

Saat Anda sibuk dengan segala persiapan menuju proses melahirkan, media sosial adalah hal sepele yang rasanya tidak perlu Anda urus. Namun sayangnya Anda tidak bisa mengendalikan semua orang yang datang mengunjungi Anda. Anda tentu tidak mau ada orang lain yang mengumumkan kelahiran sang anak sebelum Anda sendiri. Jika mau, Anda bisa melakukan pengumuman singkat seperti foto di bawah ini.

Pengumuman singkat saat Anda menuju proses melahirkan

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini