Sukses

Mengenal Bojutsu, Seni Bela Diri Asal Jepang di Film Star Wars

Setelah muncul dalam agedan film Star Wars, Bojutsu diyakini akan menjadi tren olahraga baru di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Berkat keterampilannya dalam bertahan hidup serta gaya rambut slick yang khas, tokoh utama dalam film "Star Wars: The Force Awakens", Rey, kini dinobatkan sebagai sosok pahlawan wanita yang tak hanya kuat, tetapi juga cekatan dalam menggunakan senjata seperti tongkat bo yang terbuat dari logam. Melalui tongkat ini, Rey memperkenalkan teknik bela diri asal Jepang, yaitu Bojutsu, yang diperkirakan akan menjadi tren martial workout berikutnya.

Dalam wawancaranya dengan Vogue yang dilansir Rabu (24/12/2015), Chloé Bruce, seorang pemeran pengganti wanita asal Inggris dan ahli seni bela diri yang ikut berperan dalam menghidupkan sosok Rey, merasa yakin seratus persen bahwa seni bela diri ini akan menjadi tren olahraga berikutnya.

“Senjata ini sungguh luar biasa, tidak terlalu berbahaya dan tidak terlihat jahat, jadi saya berharap dengan banyaknya orang yang melihat seni bela diri ini, mereka akan semakin tertarik untuk mempelajarinya,” ungkap Bruce.

Bojutsu merupakan seni bela diri asal Jepang yang mewarnai beberapa adegan dalam film Star Wars.

Dalam seni bojutsu, terdapat lima teknik serangan dan lima teknik bertahan untuk menaklukan lawan, ditambah dua kali teknik putaran. Semua teknik ini telah dipelajari Bruce sejak ia berusia 12 tahun. Ia dapat memutar tongkat di sekitar tubuhnya dengan cepat dan memindahkan berat badannya dari sisi ke sisi, dimana hal ini merupakan rangkaian teknik dasar yang dapat dikuasai selama kurang lebih dalam waktu satu tahun.

“Teknik ini tidaklah sesulit yang terlihat. Jika Anda sudah menguasai teknik dasar, inti dari seni bela diri ini tak hanya menghubungkan beberapa teknik gerakan, putaran, dan lemparan, tetapi juga menjadi kreatif,” ungkapnya menambahkan.

Bojutsu merupakan olahraga seluruh tubuh yang memadukan cardio dengan muscle-toning posture juga sikap tubuh. “Terdapat banyak pergerakan pada tubuh bagian atas terutama area tangan dan bahu, hal ini dapat dilihat dari gerakan memutar tongkat di sekitar tubuh Anda,” jelas Bruce.

Meskipun rangkaian gerakan yang dilakukan Bruce memadukan antara gerakan tongkat bo tradisional dengan putaran XMA dan tendangan Tang Soo Do, hasil akhirnya otot perut yang seksi membuat seni bela diri Bojutsu siap untuk jadi tren baru di masyarakat.

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.