Sukses

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Memilih Sepatu Olahraga

Selain bisa menunjang penampilan, memilih sepatu olahraga yang tepat tentu berpengaruh pada kenyamanan saat berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Memilih sepatu untuk keperluan olahraga ternyata bukan perkara mudah. Diperlukan banyak waktu untuk menyesuaikan gaya pribadi dengan fungsi sepatu sebelum menentukan sepatu apa yang akan dipilih. Pengetahuan yang lebih dapat memudahkan Anda dalam memilih jenis separtu olahraga.

Dilansir dari instructables, Rabu (9/9/2015), beberapa tips ini akan membantu Anda dalam memilih sepatu olahraga yang tepat sekaligus menunjang penampilan Anda.

Perhatikan Tujuan Penggunaan

Sebelum membeli sepatu olahraga, Anda perlu memikirkan terlebih dahulu akan digunakan pada olahraga apa sepatu itu kelak. Pasalnya permukaan tanah tempat berpijak memerlukan jenis sepatu yang berbeda. Sepatu untuk olahraga lari di aspal tentu berbeda dengan sepatu olahraga jelajah hutan.

Perhatikan Tipe Pronation

foto: instructables.com
Pronation merupakan posisi kelenturan kaki saat menggunakan sepatu untuk berjalan atau berlari. Pronation berhubungan dengan sendi bawah pergelangan kaki dan sendi sublatar. Kenyamanan pronation menjadi faktor penting yang harus diperhatikan sebelum membeli sepatu olahraga.

Panjang Sepatu

foto: instructables.com
Bersahabatlah dengan pikiran Anda untuk tidak memilih sepatu yang terlalu besar dan terlalu kecil. Ukuran sepatu olahraga yang tepat adalah dengan menyisakan sedikit ruang untuk digunakan bagian ujung kaki saat Anda berjalan atau berlari.

Lebar Sepatu

foto: instructables.com

Memperhatikan lebar sepatu olahraga sama pentingnya dengan memperhatikan panjang sepatu. Tiap manusia tidak selalu memiliki proporsi kaki yang serupa, ada yang kecil, namun juga ada yang lebar dari kaki normal pada umumnya.

Perhatikan Berat

foto: instructables.com
Berat di sini mengacu pada dua hal, yaitu berat penggunanya dan berat sepatu. Jika Anda mempunyai berat badan yang lebih, Anda perlu memilih sepatu dengan kelenturan yang sesuai. Sementara berat sepatu perlu diperhatikan mengingat benda tersebut akan Anda bawa kemanapun. Massanya yang ringan tentu membantu Anda menempuh jarak lari yang panjang, karena sepatu ringan tentu lebih baik.

Kaus Kaki

foto: instructables.com
Kaos kaki juga menjadi elemen penting dalam penggunaan sepatu. Pasalnya bentuk dan bahan kaos kaki sangat menentukan kenyamanan pijakan kaki Anda saat menggunakan sepatu, terlebih sepatu tersebut digunakan untuk berolahraga. (Ibo/Nad)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.