Sukses

Bicara Tentang Seks dengan Anak? Begini Caranya

Berbicara tentang seks dengan anak bukan hal yang mudah, namun ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan, apa saja? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang seks dengan siapapun itu memang tidak mudah. Terutama jika Anda telah menjadi orang tua, Anda mungkin bingung bagaimana caranya memulai untuk membicarakan seks kepada anak. Bukan tanpa alasan, saat ini seks memang menjadi salah satu hal yang harus dibicarakan sejak dini. Namun, bagaimana caranya agar dapat menghilangkan kecanggungan yang terjadi ketika membicarakan seks?

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Rabu (4/5/2016), Anda bisa menyontek beberapa tips dan trik di bawah ini untuk membicarakan masalah seks dengan anak.

1. Tidak masalah untuk menjadi canggung
Seks memang menjadi masalah yang berat dan tidak mudah untuk dibicarakan, terutama dengan anak. Yang penting adalah Anda membicarakannya, tidak peduli sulit untuk memulai atau merasa canggung di pertengahan, sampaikan kepada anak Anda agar ia mengerti dan tidak membuat kesalahan di masa depan.

2. Biarkan anak menanyakan apa yang ingin diketahuinya, sebelum Anda berbicara
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bertanya tentang apa saja yang ingin anak ketahui dari seks. Biarkan ia bertanya apapun dan Anda dilarang keras untuk mengintimidasi atau membuatnya merasa bersalah dengan pertanyaan yang diberikan. Setelah ia selesai dengan pertanyaannya, Anda baru boleh berbicara.
Di akhir percakapan, Anda juga dapat memastikan apakah informasi yang Anda berikan telah cukup jelas untuknya.

3. Ingatlah bahwa anak tidak mengerti apapun tentang seks
Atau setidaknya ia tidak mengerti bahwa seks melibatkan banyak emosi di dalamnya. Bagi Anda yang pernah merasakannya, seks melibatkan sentuhan tubuh satu sama lain yang lebih intim. Sedangkan untuk anak, apa yang mereka rasakan benar-benar murni rasa penasaran.

4. Gunakan buku-buku untuk membantu Anda
Ketika Anda merasa tidak yakin dengan pengetahuan yang Anda miliki tentang seks, maka sebaiknya Anda mencari referensi buku-buku pengetahuan seks yang sesuai dengan usia anak Anda, sehingga akan mengurangi kecanggungan yang mungkin terjadi.

5. Jangan coba-coba untuk menyembunyikan sesuatu
Jangan coba-coba untuk menyembunyikan beberapa hal tentang seks dari anak Anda. Jika ia telah mengetahuinya, maka ia memang sudah tahu. Jangan biarkan ia menganggap Anda berbohong. Jika anak Anda telah cukup dewasa untuk mengerti, maka Anda juga harus siap untuk berbicara jujur.

6. Jangan takut untuk salah
Anda telah menekan diri Anda sendiri untuk menjadi sempurna, sedangkan anak-anak akan mengerti ketika Anda melakukan kesalahan tentang informasi seks. Ketika Anda takut membuat kesalahan, saat itulah hal buruk biasanya terjadi.

7. Anda harus membicarakannya
Seks adalah salah satu topik pembicaraan yang paling penting untuk dibahas dengan anak. Jika anak tidak bertanya, maka keharusan Anda untuk memulai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.