Sukses

Bikin Pasangan Tetap Kesengsem Pada Anda Setelah Ada Anak

Begini caranya menjaga hubungan suami istri tetap penuh cinta setelah memiliki anak.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orangtua adalah salah satu kejadian yang paling mengagumkan dan mengubah hidup yang dapat dialami oleh pasangan suami istri. Tapi saat satu anak bertambah menjadi dua, bahkan tiga, asmara bisa jatuh sangat cepat ke urutan terbawah daftar prioritas.

Malam-malam yang biasanya dihabiskan untuk bermesraan dan berhubungan intim dengan pasangan berubah menjadi malam tanpa tidur karena harus menjaga anak. Hal ini menjadi bagian dari kewajiban setelah memiliki anak, namun jangan sampai hubungan Anda dengan pasangan menjadi hambar. Dilansir dari situs Brightside pada Senin (25/4/2016), 8 langkah praktis ini dapat mengembalikan romansa dalam hubungan Anda dengan pasangan.

1. Jadwalkan tanggal berkencan secara reguler
Malam kencan sangat penting bagi setiap pasangan dalam hubungan jangka panjang, apalagi bagi pasangan yang sudah memiliki anak. Coba tetapkan waktu di kalender setidaknya sekali sebulan untuk pergi dan menghabiskan waktu berdua dengan pasangan, seperti saat masih pacaran. Berdandan istimewa, berpegangan tangan, dan ingatlah bahwa Anda dan pasangan adalah 2 orang yang masih jatuh cinta seperti dulu.

2. Jangan lepas dari komunikasi setiap hari
Sediakan waktu setiap hari, bisa setelah anak-anak tidur, atau di tempat tidur sebelum lampu dimatikan untuk berbicara. Anda tak harus membicarakan hal-hal berat atau bermakna, topik lucu yang Anda baca online atau mimpi aneh Anda yang Anda alami sebelumnya sudah cukup untuk jadi bahan pembicaraan ringan. Momen ini, walaupun hanya beberapa menit, mengistirahatkan Anda dari rutinitas sehari-sehari yang melelahkan.

3. Jaga kebersamaan fisik
Sentuhan memiliki dampak yang besar dalam hubungan, namun ketika pasangan memiliki anak-anak, mereka cenderung mentransfer semua kasih sayang kepada bayi yang baru dan sangat mudah untuk mengabaikan pasangan. Jadwal berpelukan di malam hari jadi misi yang mustahil jika Anda berbagi tempat tidur dengan balita yang selalu bergerak. Ambil kesempatan untuk sentuhan fisik ketika Anda bisa, sentuhan di bahu saat berpapasan, elusan pada rambut saat memasak, ciuman yang hangat sebelum berangkat bekerja akan membuat perbedaan bagi hubungan Anda.

4. Buat suasana menyenangkan
Ingat selera humor Anda dan pasangan, jangan lupa gaya bercanda yang selalu sukses membuat tertawa saat masih pacaran. Tawa akan membantu mengusir stres dan ketegangan, dan mengembalikan masa-masa indah Anda saat masih berdua.

5. Sediakan waktu untuk beristirahat
Setiap orangtua pasti mencintai anak-anak mereka, namun juga membutuhkan waktu untuk mengisi ulang baterai mereka. Bergiliran untuk saling memberikan 'me-time' antara Anda dan pasangan akan mengembalikan energi yang sempat habis, dan membuat Anda dan pasangan kembali bersemangat.

6. Hargai usaha pasangan
Dan bahkan lebih baik lagi jika Anda menyatakannya keras-keras. Seringkali kita tidak cukup mengucapkan secara langsung hal-hal yang kita syukuri, karena merasa hal tersebut tidak terlalu signifikan. Ingat untuk mengungkapkan rasa terima kasih Anda secara teratur kepada pasangan, bahkan jika itu hanya untuk mengatakan "Saya senang melihat Anda membaca buku untuk anak kita."

7. Matikan teknologi
Jika Anda hanya memiliki satu jam sebelum bayi bangun, gunakan waktu singkat itu untuk hal yang berkualitas dengan pasangan. Anda dan pasangan perlu waktu untuk bersantai setelah rutinitas sehari-hari. Rapikan ruangan dari mainan anak-anak, nyalakan musik dan nikmati waktu berdua dengan pasangan.

8. Syukuri apa yang Anda dan pasangan miliki
Ingatlah bahwa anak Anda adalah perwujudan paling sempurna dari cinta Anda. Setelah anak-anak tidur, mainan telah dibereskan, luangkan waktu bersama-sama untuk melihat buah hati dan sadari bahwa mereka adalah milik Anda dan pasangan yang paling berharga di antara semua yang Anda miliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.