Sukses

5 Hal Menarik Wajib Tahu Tentang Melbourne

Jika tertarik berlibur ke kota Melbourne, simak 5 hal penting yang dapat memudahkan perjalanan Anda

Liputan6.com, Jakarta Saat kita berkunjung ke luar negeri, penting untuk mengetahui kebiasaan atau kondisi negara tersebut untuk memudahkan persiapan dan mengetahui apa saja yang perlu dibawa dari tanah air. Tertarik untuk travelling ke Melbourne? Simak 5 hal wajib tahu tentang kota Seni ini yang akan mempermudah kunjungan Anda.

Perubahan Cuaca Yang Drastis

Melbourne merupakan kota dengan cuaca labil. Saat panas bisa mencapai 40 derajat Celsius, menjelang sore bisa sejuk hingga 18 derajat Celsius. Cuaca di kota ini juga mudah berubah, dari hujan gerimis tiba-tiba menjadi deras disertai angin.

Maka wajib hukumnya membawa jaket, kardigan, jas hujan, atau payung. Bahkan tak ada salahnya membawa sandal jepit untuk mengganti sepatu saat hujan.

Pilihan komunikasi
Untuk koneksi dengan telepon dan data internet, ada pilihan menyewa wifi portable dan membeli sim card atau nomor lokal. Kita bisa langsung membeli keduanya saat tiba di Bandara Tullamarine, Melbourne.

Harga wifi portable bervariasi, mulai dari 20 AUD per hari atau 70 AUD per minggu. Kami memilih memakai nomor lokal dengan harga paket data mulai 10 AUD untuk 1 GB sampai 30 AUD untuk 1,5 GB (unlimited).

Bagi Anda yang tak menginginkan keduanya, banyak tempat umum di Melbourne yang menyediakan wifi gratis dengan jaringan stabil. Jika memakai nomor lokal, telepon sesama nomor lokal di Australia tidak dikenakan biaya.

Salah satu alat transportasi di Melbourne

Kartu transportasi
Melbourne dikenal sebagai kota dengan jangkauan trem terluas. Rasanya belum sah ke Melbourne jika tidak mencobanya. Jika ingin mencoba trem gratis, datanglah ke Central Business District (CBD) atau City. Namun di luar area CBD, trem dikenai biaya.

Kita harus membeli kartu MyKi yang dijual di convenience store seharga AUD 6. Saldo dan harga bervariasi. Kartu bukan hanya bisa digunakan untuk trem, tetapi juga untuk bus dan kereta.

Toko tutup pukul 18.00
Bagi Anda yang gemar shopping, perhatikan jam operasi toko-toko di kota ini. Bagi kita yang terbiasa melihat mal tutup pukul 22.00, jangan harap menemukan hal tersebut di Melbourne. Kebanyakan toko, terutama pakaian dan mal, tutup pukul 6 sore. Untuk hari Jumat dan Sabtu, toko tutup pukul 9 malam.

Jelajah laneway Melbourne
Melbourne merupakan surga bagi pejalan kaki. Tak heran jalan kecil yang tersembunyi di jalan besar atau laneway wajib untuk dijelajah. Banyak kios makanan dan minuman yang akan kita temukan. Laneway juga menjadi salah satu ikon kota Melbourne.

Laneway, ikon kota Melbourne yang wajib dijelajah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.