Sukses

Beri Peringatan, Wanita Ini Unggah Foto Kanker Kulitnya

Judy Cloud unggah foto-foto sebelum dan setelah operasi pengangkatan kanker kulitnya di Facebook untuk beri peringatan.

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita berumur 49 tahun bernama Judy Cloud adalah ibu dari dua orang anak. Judy telah bertarung melawan penyakit kanker kulit selama lebih dari 20 tahun. Tidak pernah terlintas sedikit pun pemikiran di benaknya akan terkena kanker kulit, meski masa kecilnya dihabiskan dengan bermain di bawah terik matahari dan hobinya berjemur.

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Selasa (8/3/2016), Judy berbagi pengalaman agar orang lain lebih waspada dan tidak mengalami penderitaan yang sama dengan dirinya.

"Saya telah melihat begitu banyak gadis muda memiliki kulit kecokelatan sepanjang tahun, dan saya tahu apa yang telah mereka lakukan untuk mendapatkan kulit itu. Orang-orang tidak perlu mati untuk mendapatkan kulit cokelat," papar Judy.

Dari laporan yang didapatkan oleh Self, keluarga Judy memang memiliki sejarah dengan kanker kulit. Judy sendiri mengetahui ia terkena kanker kulit untuk pertama kalinya saat mengunjungi dokter kulit pada 1995.

Awalnya, ia hanya ingin memeriksakan bekas luka yang dimilikinya. Namun ternyata, luka tersebut adalah kanker kulit. Menurut American Cancer Society, kanker kulit adalah jenis kanker yang paling umum di Amerika Serikat. Biasanya kanker ini terbentuk di tempat-tempat yang sering terpapar sinar terik matahari.

 

 

4 days post surgery. Lip is still swollen; still can't move my mouth.

Posted by Judy Noble Cloud on Wednesday, September 30, 2015

 

 

 

3 days post op. The laser wounds are getting pus and thick scabs, bruising around eye is starting.

Posted by Judy Noble Cloud on Wednesday, September 30, 2015

Selama ini Judy telah mengalami dua dari empat kali operasi yang dianjurkan oleh dokter kulit untuk menghilangkan bintik-bintik sel karsinoma basal.

 

 

A small dot of sun damage on skin becomes a good-sized crater after laser removal.

Posted by Judy Noble Cloud on Wednesday, September 30, 2015

 

 

 

Surgery wounds on chest.....5 days post op.

Posted by Judy Noble Cloud on Wednesday, September 30, 2015

Operasi terakhir yang dilakukan oleh Judy adalah pada September lalu. Operasi tersebut berlangsung selama 3 jam. Dokter berhasil menghilangkan 23 bintik dari kanker kulit pada wajah, leher, telapak tangan, dan kakinya. Dokter juga harus memotong otot di dalam mulutnya dan membedah saraf kepala Judy untuk mengangkat sel kanker.

 

 

6 hours post surgery....back home, ready for bed, with lots of painkillers in me.

Posted by Judy Noble Cloud on Wednesday, September 30, 2015

 

 

 

September 2....getting ready to head to the hospital.

Posted by Judy Noble Cloud on Wednesday, September 30, 2015

Setelah operasi, Judy tidak dapat bergerak maupun makan makanan secara utuh selama dua minggu. Sekarang, lima bulan setelah berlalunya operasi, Judy tetap tidak dapat merasakan pipi kiri dan dahi hingga kulit kepala.

 

 

Today.....four weeks after surgery.

Posted by Judy Noble Cloud on Wednesday, September 30, 2015

Sekarang, ia telah mengunggah foto-foto dirinya sebelum dan sesudah operasi melalui akun Facebook pribadinya. Judy mengatakan bahwa hal ini ia lakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Tidak pernah terpikir bahwa saya akan menunjukkan diri saya di Facebook tanpa makeup dan tampak dalam keadaan sangat sakit. Namun, sekarang saya tahu bahwa hal ini benar-benar dibutuhkan," cerita Judy.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.