Sukses

5 Tip Agar Anda Tak Mati Gaya Saat ke Bali di Hari Nyepi

Sebelum dan sesudah Nyepi, Bali menyuguhkan berbagai tradisi dan atraksi wisata yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke Bali saat Nyepi bagaikan menemukan keheningan kota yang ditinggal pergi penduduknya. Semua jalan lengang dan aktivitas masyarakat terhenti, hanya ada pecalang yang berjaga di tiap gang kompleks perumahan memberi pengamanan bagi mereka yang sedang melaksanakan ritual Catur Brata Penyepian.

Ika, salah satu blogger travel yang pernah merasakan melancong ke Bali saat Nyepi kepada Liputan6.com, Selasa (8/3/2016) mengungkapkan, “Biasanya jalanan udah mulai sepi pas malam, padahal Nyepi sendiri masih keesokan harinya. Makanya sehari sebelum Nyepi saya sudah menyiapkan perbekalan, kayak snack, makanan minuman.”

Bagi Anda yang sudah terlanjur berada di Bali saat Nyepi tidak perlu kecewa, pasalnya Bali sebelum dan sesudah Nyepi akan diramaikan dengan berbagai atraksi wisata, seperti tradisi omed-omedan misalnya, yaitu tradisi saling peluk antara dua kelompok muda-mudi di Desa Sesetan, Denpasar.

Berikut tips bagi wisatawan yang berada di Bali saat Nyepi.

Siapkan bekal makanan yang cukup
Jangan harap Anda bisa mengunjungi restoran, kafe, atau mini market saat Bali sedang melaksanakan ritual Catur Brata Penyepian. Pasalnya tidak ada satu pun yang buka. Yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan segala sesuatunya minimal H-1 sebelum Nyepi. Makanan dan minuman, serta obat-obatan adalah sesuatu yang penting Anda siapkan sebelum Nyepi tiba.

Siapkan buku
Bagi wisatawan yang datang ke Bali saat Nyepi dan tidak melakukan aktivitas Catur Brata Penyepian, membaca buku adalah pilihan yang tepat. Oleh karena itu, menyiapkan berbagai bacaan bisa menjadi aktivitas penghilang rasa bosan. Tidak perlu khawatir harus meminjam buku kemana, Anda bisa mengunduh buku digital dari gawai yang ada di tangan Anda sekarang.

Siapkan game dan film
Selain membaca, bermain game di ponsel juga bisa menjadi jurus untuk mengusir rasa bosan. Namun jika bosan, Anda bisa melakukan aktivitas lain, seperti menonton film misalnya. Namun pastikan suara dari gawai Anda tidak mengganggu sekitar yang sedang melakukan ritual Catur Brata Penyepian.

Pilih penginapan yang menyediakan hiburan khusus saat nyepi
Tidak semua karyawan hotel di Bali ikut Catur Brata Penyepian, hal ini yang menjadikan beberapa penginapan di Bali menyediakan hiburan khusus saat Nyepi. Beberapa resor di Bali bahkan menggelar aktivitas Yoga bersama saat Nyepi. Yoga saat Nyepi tentu menjadi pengalaman yang mengasyikan.

Hindari aktivitas yang menyebabkan bising dan mengganggu sekitar
Pada prinsipnya, Nyepi adalah gerakan pemurnian untuk mendapatkan kesejahteraan lahir dan batin dalam keheningan. Saat Nyepi tiap orang tidak boleh menghidupkan lampu, tidak bekerja, tidak berpergian, dan tidak melakukan aktivitas demi hiburan dan kesenangan. Menjaga keheningan saat Nyepi adalah salah satu cara menghormati penduduk sekitar yang sedang melaksanakan ritual Catur Brata Penyepian.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini