Sukses

Ada Wonderful Indonesia di World Culture Festival 2016

Wonderful Indonesia gencar melakukan promosi wisata ke berbagai belahan dunia, salah satunya di India.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kembali akan berpartisipasi dalam World Culture Festival (WCF) 2016, yang akan berlangsung di New Dehli, India pada 11-13 Maret 2016. Keikutsertaan Indonesia di gelaran festival tersebut selain untuk menampilkan keragaman budaya yang menjadi bagian dari daya tarik pariwisata Indonesia, juga mempromosikan branding Wonderful Indonesia kepada masyarakat dunia, khususnya India yang menjadi salah satu pasar utama pariwisata Indonesia.

Asdep Pengembangan Pasar Asia Pasifik, Vinsensius Jemadu, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Selasa (8/3/2016), mengatakan, WCF merupakan acara yang diselenggarakan organisasi The Art of Living, untuk merayakan dedikasi mereka terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan spiritualitas, antara lain dengan menghadirkan beragam bentuk kebudayaan dari seluruh dunia agar tetap lestari.

“Acara WCF ini sudah berlangsung selama 35 tahun. WCF 2016 kali ini dicanangkan sebagai festival megah dengan luas area festival mencapai 7 hektar. Kita akan menampilkan pertunjukkan kesenian angklung dari Ika Angklung, yang akan berkolaborasi dengan segenap tim Art of Living Indonesia,” kata Vinsensius yang didampingi Perwakilan The Art of Living Indonesia, Rup Gurbani dan pengasuh Sanggar Angklung Kontemporer iKreasindo, Ika Widianingsih.

Selama tiga hari, WCF 2016 akan diramaikan dengan berbagai acara menarik, di antaranya pelaksanaan 'Meditasi Perdamaian' dipimpin pendiri Art of Living, Gurudev Sri Sri Ravi Shankar, yang diikuti jutaan peserta dari seluruh dunia. Acara ini akan berlangsung pada hari ketiga penyelenggaraan WCF.

 Suasa jumpa pers gelaran World Culture Festival di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata.

Keikutsertaan Indonesia dalam gelaran ini bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata unggulan di Indonesia, termasuk 10 pengembangan destinasi prioritas yang telah dicanangkan pemerintah, yaitu Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Toba, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang. 

Branding Wonderful Indonesia gencar dipromosikan ke mancanegara. Saat ini branding Wonderful Indonesia di negara-negara Asia saat ini berada di peringkat 47, atau masih berada di bawah Singapura yang berada di peringkat 41. Namun sudah pengalahkan Thailand dan Malaysia yang berada di peringkat 83 dan 97.

Promosi Wonderful Indonesia di gelaran WCF 2016 merupakan bagian dari upaya strategi promosi dalam usaha meningkatkan kunjungan wisman dari India. Pada 2015, kunjungan wisman India sebanyak 271.252 wisman atau mengalami pertumbuhan sebesar 15% dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan tahun ini dari target kunjungan 12 juta wisman, dan sebanyak 350 ribu wisman diharapkan datang dari India. Pemerintah optimis mampu melampaui target yang telah ditetapkan, kebijakan bebas visa bagi 90 negara di seluruh dunia dan gencarnya promosi Wonderful Indonesia menjadi usaha yang dianggap tepat untuk menarik kunjungan wisman dari berbagai belahan dunia, termasuk India.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini