Sukses

Tegas ala Erwin Parengkuan, Efektif Disiplinkan Anak

Meskipun menyayangi anaknya, Erwin dan istrinya Jana Parengkuan tidak ragu untuk bersikap tegas kepada keempat anaknya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada orangtua yang tidak ingin menyayangi anaknya sebaik mungkin. Namun, terkadang rasa sayang kepada anak membuat orangtua tidak tega untuk berlaku keras kepada mereka. Alhasil momen mendisiplinkan anak pun menjadi hal yang sulit dilakukan.

Pasangan selebritis Erwin dan Jana Parengkuan kerap menghabiskan waktu luang dengan memasak di dapur bersama empat anaknya

Hal tersebut ternyata tidak berlaku untuk keluarga presenter Erwin Parengkuan. Meskipun menyayangi anaknya, Erwin dan istrinya Jana Parengkuan tidak ragu untuk bersikap tegas kepada keempat anaknya.

Erwin mengatakan, keluarganya memiliki aturan untuk ditepati oleh seluruh anggota keluarga. Baik anak-anak atau orangtua wajib melakukannya, salah satunya adalah tidak menggunakan gawai atau gadget saat makan.

"Jika ada yang melanggar, maka kami benar-benar mengancam untuk membuang gadget-nya. Itu bukan sekedar ancaman, tetapi benar-benar dilakukan. Kami mengasuh anak dengan tough love, atau love in a tough way," kata Erwin di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Erwin juga menceritakan bagaimana Jana mengunci anak-anaknya di kamar mandi jika mereka rewel. Tak ada perlakukan berbeda bagi setiap anaknya.

Erwin Parengkuan dan tiga anaknya.

"Saya nggak mau ada yang namanya anak emas, semua mendapatkan perlakukan sama, tidak ada keistimewaan," ujar pria 46 tahun ini.

Setelah memiliki tiga anak laki-laki, Erwin akhirnya mendapatkan anak perempuan Matacha Giana Parengkuan. Meski menjadi anak perempuan paling kecil dan satu-satunya, Matacha juga tidak dimanja oleh orangtuanya.

Reality show keluarga Erwin Parengkuan yang ditayangkan Vidio.com (Foto: Vidio.com)

"Kalau dia rewel, ya sama saja. Kalau aturannya dikurung di kamar mandi, Tacha (panggilan akrab Matacha) juga begitu," kata Erwin.

Namun, bila anak-anaknya berbuat baik atau membuat prestasi, baik Erwin maupun Jana tidak ragu-ragu untuk memuji mereka. Sebab, anak-anak butuh mendapat apresiasi dari prestasi yang telah mereka raih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.