Sukses

Meski Masih 11 Tahun, Faye Sudah Dirikan Organisasi Sosial

Di usia 11 tahun, Faye sudah mendirikan organisasi sosial.

Liputan6.com, Jakarta Berdiri pada tahun 2013, Rumah Faye merupakan organisasi nirlaba yang fokus pada isu prostitusi anak. Ialah seorang anak bernama Faye Simanjuntak, kini berusia 13 tahun, yang mendirikan organisasi itu.

Bagaimana ia bisa sampai pada ide membangun organisasi sosial? Dalam wawancara bersama Liputan6.com pada Jumat (20/11/2015), Faye bercerita bahwa keinginannya untuk menolong anak-anak yang terjerat prostitusi muncul setelah belajar tentang isu tersebut di sekolah.

Singkat cerita, ia pun mengutarakan kemauannya itu pada sang ibu. `Are you ready?` ucap Faye menirukan kata-kata ibunda dalam menanggapi keinginannya. Faye jujur berkata `Tidak`.

Selang waktu berlalu, satu hal yang tak terduga terjadi. Di Facebook, ibunda Faye bertemu dengan teman yang lepas kontak selama 10 tahun. Dan ia menangani urusan prostitusi anak. `You know what? You have a chance. Are you going to take it or are you not going to take it,` ibu bertanya pada Faye.

Foto: Dok. Rumah Faye

Dari situlah proses pembuatan Rumah Faye dilakukan. Beranggotakan dirinya, ibu, dan 2 pekerja, Rumah Faye mengawali langkahnya. Kesempatan untuk tampil dalam sebuah show di sebuah televisi swasta kemudian membuat Rumah Faye semakin dikenal.

Apa yang dilakukan Faye bukan tanpa tantangan. Terkait usianya yang masih muda, sebagian orang dewasa memandang aksinya dengan sebelah mata. Tetapi Faye mengatakan bahwa yang membuatnya tetap bergerak maju dengan organisasi itu adalah dukungan banyak orang lainnya, dan terutama adalah kondisi para korban itu sendiri.

Organisasi yang memiliki misi mencegah atau membangun kesadaran, membebaskan korban, dan memulihkan kondisi korban ini kini tengah membangun sebuah shelter di Batam. Ia berharap agar Rumah Faye bisa semakin besar dan menjadi pendorong orang lain untuk turut serta memikirkan masa depan dunia, dan bertindak nyata untuk mewujudkannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini