Sukses

Google Doodle: Karya Niki de Saint Phalle Jadi Inspirasi Fashion

Karya Niki de Saint Phalle di google doodle menginspirasi para desainer fesyen, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta- Google doodle memampang sebuah mahakarya dari Niki de Saint Phalle sebagai wujud mengapresiasi hasil karyanya dan memperingati ulang tahun Niki ke-84 tahun. Niki de Saint Phalle lahir di Perancis pada tanggal 29 Oktober 1930.

Mengawali karirnya sebagai model, wanita yang terkenal sebagai seorang pematung, pelukis, sekaligus pembuat film kelas dunia ini juga dapat memberi inspirasi bagi para desainer fesyen.

Patung karyanya yang diberi nama `The Nanas` atau `Les Nanas` dikenal dengan kombinasi warna `mencolok`-nya, yang menginspirasi lahirnya karya-karya fesyen oleh sejumlah desainer. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

David Koma

David Koma

David Koma, desainer asal Negara Georgia ini memenangkan penghargaan `The Vauxhall Fashion Scout Merit Award` pada tahun 2010 lalu. Pada penghargaan fesyen bergengsi tersebut, ia menampilkan koleksinya yang diberi nama dengan `S/S10` atau `Spring/Summer 2010`. Seperti yang dilansir dari ftape.com, Kamis (30/10/2014), koleksinya ini terinspirasi dari patung Niki de Saint Phalle dan karya-karya berbentuk organik.

David  menggabungkan mosaik berbahan kulit hingga wol yang dipadu dengan warna-warna berani khas dari patung  Niki de Saint Phalle seperti oranye, pink, dan hijau. Warna tersebut dipadukan dengan warna hitam dan putih kanvas sehingga membuat warna terlihat cukup kontras.

Jersey berbahan sutra, dan semuanya dihiasi oleh manik--manik kaca yang berwarna warni. Mahakarya yang hebat, pantas saja ia meraih penghargaan tersebut!

3 dari 4 halaman

Roksanda Ilincic

Roksanda Ilincic

Pada tahun 2012 lalu, desainer busana Roksana Ilincic memamerkan karyanya yang terinspirasi dari sculpture Phalle dan lukisan abstrak Josef Albers. Busana warna-warninya itu ditampilkan di London Fashion Week.

 

Warna dan pola lekukan dari patung Niki de Saint Phalle terlihat diaplikasikan pada koleksinya. Alami dan ilusi ia tuangkan pada koleksinya ini melalui koleksi kasual dengan penuh warna khas patung karya Niki de Saint Phalle.

4 dari 4 halaman

Amna S.Q

Amna S.Q

Tak hanya menginspirasi para fesyen desainer untuk ajang penghargaan fesyen bergengsi, karya Niki de Saint Phalle pun mampu menginspirasi desainer independen. Salah satunya adalah Amna S.Q.

Wanita yang memiliki label busana ASQgenerates ini mengambil kombinasi warna dari karya Phalle untuk inspirasi pameran busananya. Warna berani dan mencolok dari `The Nanas` atau `Les Nanas membuatnya ingin menumpahkan idenya ke acrylic, semacam plastik.

Terbukti acrylic itu tak hanya disulapnya menjadi sebuah baju, tetapi juga disulapnya menjadi tas. Tentunya, dengan warna khas dari patung Niki de Saint Phalle. (Jazaul Aufa/Liz).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.