Sukses

Hal Kecil yang Ternyata Merusak Rambut

Anda tak akan menyangka, hal kecil ini ternyata merusak rambut.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan kita dalam memperlakukan rambut, ternyata banyak yang merusak rambut. Tak disangka, banyak dari Anda yang pasti melakukan kebiasaan ini. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak 6 hal sepele yang ternyata bisa merusak rambut Anda seperti yang dilansir dari Womansday.com, Minggu (15/5/2016) ini.

1. Menyisir rambut kusut
Langsung menyisir rambut kusut dari akar ke ujung rambut bisa menyebabkan rambut rontok. Yang benar adalah sisir rambut per bagian. mulai dari bagian bawah (ujung) rambut, lalu bagian tengah dan terakhir bagian atas. Lebih baik lagi jika Anda mengurai kusutnya rambut bukan dengan sisir tapi dengan jari-jari tangan.

2. Kuncir rambut saat rambut masih basah
Rambut yang basah lebih rapuh dibanding saat kering karenanya mengikat rambut ketika rambut masih basah bisa membuatnya patah. Jika Anda ingin mengikat rambut yang masih basah gunakan scrunchie (ikat rambut yang dilapisi kain) dan jangan gunakan karet gelang. Juga, jangan kuncir rambut terlalu kencang dan ketat.

3. Keramas setiap hari
Sebetulnya Anda tak perlu keramas setiap hari, cukup sekali dalam dua hari. Pengecualiannya adalah jika kulit kepala sangat berminyak atau setiap hari Anda banyak berkeringat ataupun rambut Anda tiap hari ditata dengan banyak produk rambut. Sampo sulfate (bahan detergen yang membuat busa) yang bisai membuat rambut kering dan warnanya cepat luntur. Jika Anda harus keramas tiap hari pakai sampo bebas sulfate.

4. Mengeringkan rambut dengan cara digosok
Menggosok-gosokkan handuk di rambut usai keramas membuat kutikula rambut jadi berantakan. Akibatnya rambut menjadi frizzy dan sulit diatur. Cara yang benar adalah serap air di rambut dengan menekan-tekan handuk secara lembut ke rambut. Jika ingin cepat kering, serap dengan kertas tisu ataupun kaos.

5. Menggunakan kondisioner dari akar sampai ke ujung rambut
Sebum (minyak di kulit kepala) diproduksi di akar rambut, karenanya kulit kepala tak perlu lagi tambahan pelembap. Gunakan kondisioner rambut hanya di batang rambut sampai ke ujung rambut, bukan di kulit kepala. Menggunakan kondisioner di akar rambut bisa membuat rambut sangat lemas dan lepek, sulit untuk ditata.

6. Tidak menyisir rambut sebelum mengikat
Jika Anda tidak menyisir dan merapikan rambut sebelum diikat, hal itu bisa menyebabkan rambut jadi patah karena karet/ pengikat rambut akan memberi tekanan ekstra pada bagian rambut yang diikat dalam keadaan kusut tersebut. Akibatnya rambut menjadi patah ataupun rontok.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.