Sukses

Mengharukan, Pria Tuli Ini Diberi Kejutan Spesial oleh Sekitarnya

Cerita haru tentang seorang pria tuli bernama Muharrem.

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang tuli hidup dalam dunia yang tak ada suara dan mengetahui suasana sekelilingnya secara visual saja. Bahasa yang mereka pakai pun adalah bahasa isyarat, bahasa yang dimengerti oleh segelintir orang saja.

Dilansir dari situs Brightside pada Jumat (15/4/2016), seorang pria tuli bernama Muharrem yang hidup di Istanbul tiba-tiba diberikan kejutan istimewa oleh tetangganya. Suatu hari, orang-orang yang tinggal di sekelilingnya berkomunikasi dengan Muharrem dengan bahasa isyarat, satu-satunya bahasa yang Muharrem pahami. Padahal mereka bukan orang-orang yang fasih menggunakan bahasa isyarat.

Dimulai saat Muharrem sedang berjalan-jalan dengan kakaknya menuju pusat kota dimana tiba-tiba seorang yang tak dikenal menyapanya dengan bahasa isyarat. Saat mereka masuk ke sebuah toko roti, penjaga toko pun menginformasikan bahwa mereka memiliki roti bagel yang baru saja keluar dari oven, sekali lagi dengan bahasa isyarat. 

Saat mereka melanjutkan berjalan-jalan, seorang pejalan kaki secara 'tidak sengaja' menjatuhkan buah-buahan yang baru saja ia beli. Saat Muharrem dan kakaknya membantu memungut buah-buahan tersebut, pejalan kaki itu menawarkan mereka buah apel dan mengucapkan terimakasih dengan bahasa isyarat.  Bahkan supir taksi pun menyapa Muharrem dan kakaknya dengan bahasa isyarat.

Saat mereka tiba di pusat kota, kakak Muharrem yang mengetahui rencana mengejutkan adiknya, menyuruh Muharrem untuk melihat salah satu layar elektronik yang menampilkan iklan. Wanita yang tampil di layar kemudian menyapa Muharrem dan memberitahunya bahwa sebuah layanan video call center baru saja dibuka di Turki untuk orang-orang yang memiliki keterbatasan pendengaran. Kejadian berikutnya adalah Muharrem dikelilingi oleh para tetangganya yang menyapanya dengan bahasa isyarat, menandakan bahwa Muharrem kini bisa berkomunikasi dengan siapa saja secara bebas. 

Muharrem terharu, dan menitikkan air mata. Emosinya melebihi kata-kata apa pun yang dapat diucapkan. Akhirnya, ia bisa hidup di dunia tanpa hambatan. Simak videonya berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.