Sukses

Wow, Ternyata Ini Alasan Pengantin Mengenakan Kerudung Putih

Kerudung putih yang biasa dipakai pengantin wanita ternyata bukan sekadar aksesori biasa. Ini cerita asal mulanya.

Liputan6.com, Jakarta Kerudung putih atau biasa dikenal dengan sebutan veil, menjadi aksesori pengantin wanita pada hari pernikahan. Kain tipis yang biasa terbuat dari bahan organdi ini menutupi wajah wanita hingga sampai ke depan altar.

Namun ternyata, perhiasan kepala ini bukan hanya pelengkap biasa. Dilansir dari Goodhousekeeping.com, Rabu (6/4/2016), ternyata penggunaan kerudung pengantin pada awalnya mempunyai tujuan khusus.

Alasan tersebut cukup menyeramkan. Awalnya, kerudung pengantin ini merupakan kebudayaan dari Roma yang berwarna merah dan bernama flammeum. Kerudung merah tersebut berguna menutupi pengantin wanita dari kepala hingga kaki, untuk menggambarkan pengantin seperti di dalam bara api, untuk menakuti roh jahat yang mau merusak hari besarnya.

Lama-kelamaan, kerudung tersebut menjadi metode pengantin untuk mengusir roh jahat, dan menutupi wajahnya hingga tiba di depan altar. Di sisi lain, ritual pengantin pria membuka kerudung di depan altar adalah simbol berpindahnya kepemilikan sang wanita dari ayah ke suaminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.