Sukses

4 Ritual Pagi untuk Hari yang Positif

Lakukan 4 hal ini untuk hari yang lebih positif.

Liputan6.com, Jakarta Orang-orang yang terkenal sukses di bidang bisnis, seni, maupun politik memiliki 1 kesamaan. Ya, mereka semua menjalani rutinitas pagi hari yang positif. Apa yang Anda lakukan di pagi hari dapat menentukan jalannya sisa hari Anda bahkan kesehatan Anda di masa depan.
Dikutip dari mashable.com, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan di pagi hari yang akan membawa efek positif ke dalam hidup Anda.

Jangan menekan tombol snooze pada alarm Anda
Rasanya tetap berada di bawah selimut untuk beberapa menit lebih lama memang lebih mudah dibandingkan berdiri dari tempat tidur dan mandi. Banyak yang tidak mengetahui, menekan tombol snooze sekali atau beberapa kali akan membuat siklus tidur Anda berantakan. Menurut National Sleep Foundation, waktu tidur ekstra beberapa menit karena snooze adalah jenis tidur yang tidak berkualitas. Hal ini malah bisa membuat Anda merasa terus-terusan mengantuk dan mengakibatkan disorientasi.
Anda bisa membiasakan diri bangun saat matahari terbit, namun bagi beberapa orang hal tersebut tidak realistis. Lebih baik Anda mengatur waktu alarm sedikit lebih siang dan bangun tanpa menekan tombol snooze.

Jangan langsung memegang ponsel saat Anda bangun tidur

Jangan langsung memeriksa ponsel di pagi hari
Sebanyak 7% orang terbiasa tidur dengan ponsel di samping mereka. Kebiasaan ini bisa merusak rutinitas tidur Anda, bahkan bisa berakibat buruk di pagi hari. Langsung memeriksa pekerjaan atau menjawab email kantor setelah bangun tidur dapat menimbulkan kegelisahan dan mengurangi kemampuan untuk fokus sepanjang hari.
Daripada memeriksa akun Instagram atau email segera setelah bangun tidur, lebih baik gunakan 10 menit untuk meditasi dan menenangkan pikiran. Meditasi singkat dapat mengurangi tingkat stres dan memancing energi positif, serta meningkatkan konsentrasi.

Jangan hanya mengandalkan kopi untuk sarapan
Menukar sereal atau roti dengan secangkir kopi terdengar seperti ide bagus untuk mengurangi berat badan, padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Saat tubuh hanya memiliki kafein saat bekerja, terutama saat adanya stres, produksi hormon kortisol akan meningkat. Terlalu banyak hormon kortisol mengakibatkan timbunan lemak di bagian perut dan gangguan kognisi serta mengurangi sistem kekebalan tubuh.
Tak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi kopi di pagi hari, namun sebaiknya Anda menambah asupan nutrisi lain seperti nutrition bar atau roti gandum yang rendah kalori.

Jangan paksa tubuh untuk berolahraga
Jika Anda memaksa diri untuk mengikuti kelas yoga sementara kantong mata Anda membengkak, rasanya dampak olahraga yang Anda lakukan tidak akan optimal. Saat Anda tidak mendapatkan minimal 6 jam tidur sehari secara rutin, sesi olahraga di gym akan tidak efektif dan dapat mengakibatkan cedera.
Daripada memaksa diri mengurangi jam tidur yang sudah tidak maksimal untuk berolahraga, lebih baik atur jam tidur Anda hingga optimal dan jadwalkan kelas yoga di minggu berikutnya.

 

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini