Sukses

Ini Cara Anda Tertidur dalam Satu Menit

Ini cara Anda dapat tertidur dengan cepat, tidak lebih dari satu menit.

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi sekarang membuat gaya hidup berubah. Generasi milenial atau yang biasa disebut generasi Y melakukan pekerjaan mereka seharian dan berkutat dengan kemacetan Ibu Kota. Hal ini membuat kebanyakan Anda yang berada pada zaman ini memiliki tingkat stres yang tinggi dan kurang tidur.

Stres dan kurang tidur nyatanya saling berhubungan. Ketika mengalami stres Anda akan menghabiskan setiap malam sebelum tidur untuk memikirkan solusinya, sehingga Anda kekurangan waktu untuk beristirahat. Seperti pada survei yang dilansir dari situs Mottotime, Senin (21/3/2016), 60 juta warga Amerika memiliki permasalahan tidur atau insomnia.

The Westin Jakarta Rayakan Hari Tidur Sedunia

Stres adalah respons tubuh terhadap situasi yang berpotensi membahayakan, apakah nyata atau hanya merupakan bayangan Anda. Meskipun efek stres pasti bervariasi bagi setiap orang, reaksi umum dari stres yaitu berupa pernapasan yang tidak beraturan, otot menegang, naiknya tekanan darah, dan peningkatan denyut jantung. Dalam keadaan seperti ini, tubuh Anda menolak untuk tidur.

Namun kini, Anda dapat tertidur dalam satu menit dengan melakukan beberapa hal, salah satunya Latihan 4-7-8. Anda dapat mengatur pernapasan Anda sehingga dapat tertidur dengan nyenyak. Seperti yang diungkapkan dr Weil, ahli pernapasan yang berasal dari Amerika, "Trik ini mulai menarik perhatian masyarakat sejak beberapa tahun lalu. Caranya sangat sederhana, tidak membutuhkan waktu lama bahkan bisa dilakukan di mana saja."

Jika Anda ingin melakukan latihan pernapasan 4-7-8 ini, berikut 6 langkah mudah membuat Anda tidur hanya dalam 1 menit.

1. Tempatkan ujung lidah Anda pada punggung jaringan saraf tepat di atas gigi depan atas Anda. Tetap di sana selama sisa latihan.

2. Buang napas sepenuhnya dari mulut, membuat suara deru ketika Anda melakukannya.

3. Tutup mulut Anda dan tarik napas perlahan melalui hidung Anda dan menghitung sampai empat.

4. Tahan napas hingga hitungan ketujuh.

5. Buang napas sepenuhnya dari mulut untuk hitungan mental delapan. Membuat suara wusss seperti halnya yang Anda lakukan pada langkah kedua.

6. Ulangi proses yang sama selama tiga kali atau lebih hingga Anda tertidur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini