Sukses

4 Hal Vital Saat Anda Melamar Pekerjaan

Berikut ini 4 hal penting yang harus Anda perhatikan saat melamar pekerjaan agar punya citra yang baik di mata perusahaan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Apakah saat sedang melamar pekerjaan, Anda pernah merasa tidak yakin bahwa lamaran kita akan dibaca dari sekian banyak tumpukan milik pelamar lainnya? Berbagai macam metode jadi pilihan untuk digunakan agar lamaran Anda bisa terlihat oleh perusahaan yang dilamar.

Mulai dari menelepon serta mengirim lamaran sampai berulang kali sampai memilih waktu Subuh untuk mengajukan lamaran pekerjaan agar terlihat oleh pihak. 

Seperti dilansir dari Elitedaily pada Sabtu (9/1), Liputan6.com merangkum beberapa hal yang harus Anda lakukan saat melamar pekerjaan.

1. Respon yang tanggap dan cepat
Proses rekrutmen melibatkan banyak pihak dan aspek yang memakan waktu, tenaga, dan biaya. Ketahuilah bahwa tidak hanya Anda yang lelah menunggu, tapi pihak perusahaan juga lelah mencari. Oleh karena itu, saat perusahaan yang Anda lamar menghubungi, berikanlah respon yang cepat dan tanggap. Hal tersebut juga berkaitan dengan penilaian perusahaan, yaitu seberapa ingin Anda bekerja di tempat tersebut.

2. Syukuri setiap kesempatan
Saat Anda melamar sebuah pekerjaan, jangan terlalu banyak memilih dan bersyukurlah atas setiap kesempatan tersebut. Pikiran yang optimis dan positif menjadi kunci untuk menghadapi perusahaan. Selain itu jika Anda masih dalam tahap pertimbangan, cobalah untuk mensyukurinya karena perusahaan juga memiliki penilaian tersendiri atas keputusan mereka tersebut.

3. Kenali produk dan layanan mereka
Apa jadinya jika saat Anda menghadapi wawancara pekerjaan, tetapi tidak tahu menahu perihal produk atau layanan yang perusahaan tersebut hasilkan? Hal tersebut sering terjadi pada beberapa pelamar baru yang mungkin terlalu malas dan enggan untuk mempelajari perusahaan yang dilamarnya.

Mempelajari dan mengenali dengan mendalam produk dan layanan dari perusahaan yang dilamar akan menjadi pertimbangan besar mereka untuk menerima Anda. Wawasan dan pengetahuan akan produk dan layanan jadi aspek dan modal yang penting untuk Anda berhasil dalam mencari pekerjaan.

4. Buatlah perusahaan mudah melihat prestasi Anda
Hal ini berkaitan dengan bagaimana Anda menyusun CV atau Curricullum Vitae yang sederhana, padat, lugas, dan tepat. Letakan daftar prestasi Anda pada bagian depan atau cantumkan link agar perusahaan mudah untuk mengaksesnya. Hal tersebut juga jadi penilaian perusahaan akan kepribadian Anda apakah cocok dengan budaya kerja mereka atau tidak.

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini