Sukses

Kerja 1 Jam dan Istirahat 15 Menit, Tingkatkan Produktivitas

Pernahkah Anda merasa penat saat bekerja seharian? Ternyata tubuh Anda hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk istirahat setelah 1 jam kerja.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa penat setelah bekerja seharian selama delapan jam non-stop? Menurut sejarah revolusi industri, pemilihan rentang delapan jam bekerja merupakan upaya untuk mengurangi waktu kerja yang awalnya diterapkan pabrik pada masa lampau, yaitu 10-18 jam per hari.

Menurut berbagai sumber, terobosan mengurangi waktu kerja menjadi 8 jam merupakan tindakan atas dasar kemanusiaan. Namun, faktanya masyarakat pekerja saat ini merasa terobosan tersebut masih dirasa berat.

Seperti dilansir dari Business Insider pada Kamis (7/1), kepenatan yang Anda rasakan saat bekerja disebabkan kurang optimalnya pembagian waktu untuk otak bekerja dan beristirahat. Padahal otak yang terus dipaksa kerja tanpa adanya waktu istirahat dan memanfaatkan jam makan siang dengan baik akan menimbulkan kepenatan dan stres.

Rencanakan dan buat struktur untuk hari Anda

Salah satu cara untuk mengoptimalkan otak dan terhindar dari rasa penat adalah dengan merencanakan kegiatan yang akan Anda lakukan setiap harinya. Sebuagh studi dilakukan oleh Draugiem Group dengan menggunakan aplikasi ciptaan mereka yang mampu melacak kebiasaan kerja karyawan.

Secara khusus, aplikasi ini mampu mengukur bagaimana kebiasaan seseorang menghabiskan waktunya dalam bekerja dan membandingkannya dengan tingkat produktivitas mereka.

Salah satu hasil studi tersebut menemukan fakta bahwa orang-orang religius yang memiliki waktu istirahat cukup panjang jauh lebih produktif. Penelitian tersebut menghasilkan sebuah teori bahwa waktu ideal rasio adalah 52 menit bekerja dan 17 menit beristirahat agar lebih produktif.

Biasanya orang dengan metode ini dalam menjalani hidupnya, cenderung memiliki tingkat fokus yang lebih tinggi. Anda bisa mencoba untuk mengerjakan tugas pekerjaan selama satu jam penuh dan mengambil waktu istirahat.

Ketika Anda istirahat, gunakan waktu tersebut secara optimal dengan mengistirahatkan pikiran dan jangan buka email atau media sosial karena berpengaruh pada aktivitas otak. Tubuh Anda hanya butuh 15 menit saat bekerja selama 1 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini