Sukses

Ternyata Ini yang Bikin Paspor Baru Jepang Jadi Lebih Istimewa

Selain desain yang menarik, paspor baru Jepang memiliki keunggulan yang belum dimiliki negara-negara lain.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Jepang dikabarkan telah mengeluarkan desain baru paspor untuk warganegaranya. Hal ini diputuskan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang untuk mencegah aksi terorisme dan kriminal, yang kerap menggunakan paspor palsu untuk berpindah tempat.

Jenis keamanan yang diadopsi oleh Jepang sebelumnya telah diterapkan di negara-negara Eropa dengan tujuan tidak bisa memalsukan identitas yang telah tercetak sebelumnya. Setelah melakukan penelitian selama dua tahun lamanya sejak 2014, akhirnya Jepang segera memperbarui keamanan pasportnya dimulai pada tahun fiskal 2023.

Ternyata, fitur tambahan yang dijadikan keunggulan pada paspor Jepang terbaru adalah halaman identitas yang terbuat dari plastik keras. Plastik yang berisi data sang pemegang paspor akan dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang akan menjaga keaslian paspor. Diharapkan metode ini mampu mempersulit gerak para pelaku kejahatan dan terorisme. Tentunya hal ini akan menjamin kenyamanan para pemegang paspor jepang melakukan perjalanan ke seluruh dunia

Pengembangan paspor akan terus berlanjut dengan rencana Jepang yang akan terus memperbaharui desain pasportnya secara berkala setiap lima hingga delapan tahun sekali. Sistem penerbitan paspor juga telah diubah dari sebelumnya diterbitkan masing-masing prefektur, kini menjadi terpusat di satu badan, sesuai saran dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.