Sukses

Begini Cara Mengungkapkan Rahasia Tanpa Merusak Pernikahan

Anda menyimpan rahasia dari pasangan karena takut akan merusak pernikahan?

Liputan6.com, Jakarta Dalam pernikahan, rahasia antara suami dan istri adalah hal yang lumrah terjadi. Rahasia kecil seperti bagaimana sumbangnya suara Anda saat bernyanyi, atau rahasia besar seperti perselingkuhan atau hutang kepada orang lain. Walaupun Anda mungkin pernah mendengar saran bahwa menyimpan rahasia dari pasangan adalah hal yang sah-sah saja, kunci untuk kehidupan pernikahan yang sehat justru mengatakan Anda harus sejujur mungkin dengan pasangan.

"Ada unsur kejutan dalam semua rahasia, dan jika disampaikan dengan cara yang salah atau pada waktu yang salah, rahasia bisa menyakitkan dan merusak," kata Michelle Crosby, pengacara perceraian dan pendiri dan CEO dari Wevorce. Jadi ketika memutuskan apakah Anda harus benar-benar menyimpan sesuatu untuk diri sendiri, dia menyarankan untuk menanyakan dua pertanyaan pada diri sendiri dan, ya, bersikap jujur dengan jawaban Anda. Apakah rahasia tersebut akan semakin mendekatkan Anda dengan pasangan? Dan jika rahasia itu terungkap, apakah akan menyebabkan banyak kerusakan yang mengarah ke rasa tidak percaya dan sakit hati?

Jika Anda menjawab 'Ya' pada salah satu pertanyaan tersebut, maka Anda harus mempertimbangkan untuk membuka rahasia tersebut pada pasangan. "Orang menyimpan rahasia karena takut pada apa yang akan terjadi, atau merasa mereka sedang melindungi pasangan, padahal hanya melindungi diri sendiri," jelas Tara Field, seorang psikoterapis dengan gelar Ph.D., relationship expert, dan pengarah buku bertajuk The Love Fix: Repair and Restore Your Relationship Right Now. "Satu hal yang tidak disadari oleh orang adalah banyak kesempatan untuk menyembuhkan luka dan menguatkan hubungan dengan pasangan saat Anda bersikap terbuka dan jujur. Ditambah lagi, rahasia yang terdengar sepele bisa jadi memiliki latar belakang yang panjang dan dalam."

Jadi Anda sebaiknya bertanya pada diri sendiri apakah rahasia tersebut membantu atau menyakiti Anda, atau meminta pendapat dari teman terdekat. Semakin lama Anda menyimpan rahasia dari pasangan, kemungkinan tersakiti akan semakin besar pula. Lebih baik untuk memikirkan cara berkata jujur agar dapat melangkah lebih maju dalam hubungan Anda dengan pasangan.

Tapi ada satu bidang kehidupan Anda yang harus benar-benar terbuka, dan yaitu keuangan, seperti yang dilansir dari Redbookmag.com pada Selasa (20/9/2016). Semua ahli setuju bahwa menjaga rahasia tentang uang dapat merusak pernikahan Anda. "Ketika seseorang berbohong tentang pengeluaran mereka, atau menyembunyikan aset dengan sengaja, mereka melakukan sebuah pelanggaran yang sama seriusnya dengan perselingkuhan," kata Crosby. "Hal ini dapat merusak hubungan dan menimbulkan masalah keuangan dalam jangka panjang. Saat itu seperti ini tidak terselesaikan, sering mengarah ke perceraian."

Kabar yang lebih buruk adalah, menyimpan rahasia dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda. "Saat Anda menyimpan rahasia, otak mengalami stres," Crosby menjelaskan. "Manusia diciptakan untuk berkata jujur, dan saat tidak, otak bekerja dengan tidak seharusnya." Hasil studi juga mendukung pendapat dari Crosby. Para peneliti mengumpulkan sejumlah partisipan dan mengatakan bahwa mereka akan dites dengan alat pendeteksi kebohongan sekali seminggu untuk mengetahui seberapa mereka sering berbohong. Hasilnya, orang-orang yang jarang berbohong memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik. Mereka juga mengalami perkembangan dalam hubungannya dengan pasangan, tidak kesulitan tidur atau merasa sakit kepala, tidak tegang dan jarang terkena flu.

Jangan khawatir, ternyata ada kabar baik bagi Anda. Jika Anda khawatir tentang rahasia kecil yang Anda simpan selama ini (seperti kemeja suami yang Anda hilangkan), Anda tak perlu merasa stres. "Anda tak harus mengatakan segalanya kepada pasangan," tutur Dain Heer, ahli relationship dan pengarang buku bertajuk Being You, Changing the World. "Dalam sebuah hubungan yang saling menyayangi, boleh saja menyimpan beberapa hal hanya untuk diri sendiri."

Crosby mendukung pendapat Dain Heer. "Empat puluh enam persen dari pasangan yang menggunakan Wevorce menyatakan bahwa mereka bercerai karena mulai menjauh satu sama lain, berhenti berkomunikasi, bahkan tak lagi saling menyentuh," jelas Crosby. "Hanya lima persen dari mereka yang bercerai karena ketidakjujuran, kecuali perselingkuhan, yaitu rahasia utama yang paling sering menghancurkan pernikahan."

Dengan kata lain, jika Anda belum berkata jujur tentang hobi rahasia yang merugikan, tak perlu khawatir. Jika Anda tidak merasa bersalah dan hobi tersebut tidak mempengaruhi keadaan finansial maupun pernikahan Anda, maka Anda baik-baik saja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini