Sukses

7 Trik Bangun Segar di Pagi Hari Tanpa Bantuan Kopi

Tak bisa bangun tanpa kopi? Ini 7 trik agar bisa bangun segar tanpa kafein.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang tak bisa hidup tanpa seduhan kopi. Secangkir kopi di pagi hari, dapat membuat mood seseorang bersemangat menjalani pekerjaan.

Namun, konsumsi kopi secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Bagi Anda yang ingin mengurangi konsumsi kopi dan tetap segar menjalani pagi, simak 7 cara yang dilansir dari Glamour.com, Kamis (8/9/2016) berikut.

1. Biarkan cahaya matahari masuk

Membuka jendela sehabis bangun pagi dapat langsung meningkatkan hormon serotonin dan memberikan Vitamin D pada energi Anda. Namun jika di kamar tidak ada jendela yang memberikan cahaya matahari, lampu terang juga menghasilkan efek yang sama.

2. Sarapan menu kaya protein

Menu yang kaya protein, seperti telur dan yoghurt dapat memberikan energi yang tahan lama pada tubuh. Sedangkan karbohidrat dan gula, justru menghancurkan energi dan membuat Anda lemas.

3. Bergerak

Tak semua orang bisa berolahraga di pagi hari. Namun, gerakan sederhana seperti peregangan di tempat tidur dapat memompa aliran darah.

4. Mengerjakan hal kecil

Jika Anda susah berkonsentrasi tanpa minuman kopi, coba untuk mengerjakan hal mudah terlebih dulu. Membersihkan meja atau mengatur buku membutuhkan konsentrasi pikiran yang rendah, sehingga Anda akan melihat pekerjaan lainnya lebih mudah.

5. Makan permen karet

Penelitian menemukan, orang akan bekerja lebih baik dalam sebuah tes, dan merasa lebih bersemangat setelah mengunyah permen karet.

6. Menciprat air dingin

Mandi atau hanya cuci muka dengan air dingin dapat memberikan sentakan pada tubuh. Air dingin mengaktifkan sistem saraf dan membuat orang lebih siaga. Minum air dingin juga memberikan efek yang sama.

7. Mainkan musik favorit

Mendengarkan musik dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin. Hal ini yang membuat Anda lebih enerjik. Anda dapat memilih musik favorit sebagai alarm bangun pagi pada gawai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini