Sukses

Pria, Cegah Kebotakan Dini dengan Cara Ini

Tanpa perawatan yang mahal, simak cara mencegah kebotakan dengan bahan alami berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 70% pria mengalami kebotakan dini yang dikenal sebagai androgenetic alopecia. Kehilangan rambut adalah suatu hal yang normal ketika mengalami proses penuaan, tapi jika Anda mengalami kebotakan di usia 20-an itu adalah hal yang perlu Anda khawatirkan.

Ada beberapa penyebab kebotakan dini pada pria. Antara lain seperti infeksi jamur, gangguan psikologis, kemoterapi, kekurangan gizi, atau ketidakseimbangan hormon. Apapun penyebabnya, masalah kerontokan rambut seringkali menyebabkan kebotakan.

Biaya perawatan ke salon mungkin akan terbilang mahal, maka dari itu Anda bisa membuat  perawatan untuk mencegah kebotakan di rumah. Dilansir dari Boldsky.com pada Kamis (4/8/2016), berikut ini adalah cara membuat ramuan alami untuk mencegah kebotakan dini.

Minyak mustard dan daun henna

(foto: boldsky.com)
Rebus 1 mangkuk minyak mustard dan 4 sendok makan daun henna. Dinginkan rebusan, lalu oles di kulit kepala Anda dan pijat selama 15-20 menit. Biarkan ramuan menyerap, lalu bilas dengan sampo dan air seperti biasa. Lakukan tips ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Adonan biji fenugreek

(foto: boldsky.com)
Biji fenugreek kaya akan kalium, vitamin C, dan zat besi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Untuk membuat adonan ini Anda membutuhkan setengah cangkir biji fenugreek dan secangkir minyak kelapa. Caranya, goreng biji fenugreek dengan minyak kelapa, kemudian giling sampai halus. Oleskan ke seluruh bagian kepala Anda, dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas rambut Anda menggunakan sampo dan air dingin.

Santan kelapa

(foto: boldsky.com)
Santan kelapa kaya akan nutrisi yang dapat memperkuat akar dan memelihara helai rambut. Campurkan 20 ml santan kelapa, 2 sendok teh minyak amla, dan 1 sendok teh air perasan jeruk lemon.  Oleskan ramuan tersebut ke kepala Anda menggunakan kapas. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Bawang Merah

(foto: boldsky.com)
Bawang merah dikenal sebagai rempah-rempah yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan juga meningkatkan produksi kolagen yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Parut 1 buah bawang merah kemudian oleskan di daerah kepala Anda yang botak.
Pijat beberapa saat sampai kulit kepala Anda kemerahan, lalu lanjut untuk mengoleskan 1 sendok teh madu untuk menenangkan kulit kepala Anda. Lakukan tips ini tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

 

(Dearni Grasia)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini