Sukses

5 Waktu yang Tepat untuk Ucapkan Terima Kasih

Sebagai manusia terkadang sulit untuk ucapkan "terima kasih" dengan ragam alasan. Berikut 5 waktu yang tepat untuk ucapkan terima kasih

Liputan6.com, Jakarta Tuntutan dan tekanan dari lingkungan sekitar membuat kita kerap kali sulit mengatakan "terima kasih". Padahal kata tersebut memiliki kekuatan cukup besar untuk mengubah keadaan baik pada diri sendiri dan orang di sekitar.

Sebagian orang juga sulit mengucapkan "terima kasih" karena mereka bingung waktu dan tempat yang tepat. Selain itu, gengsi juga mengambil peranan sehingga semakin mustahil kata "terima kasih" terucap.

Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Minggu (10/7/2016), Liputan6.com merangkum beberapa momen di mana kata "terima kasih" tepat untuk Anda ucapkan dan sampaikan.

1. Ketika kata-kata seorang pemimpin telah mengubah pemikiran dan hidup Anda jadi lebih baik

Di era internet, mudah bagi kita untuk tetap anonim mengikuti ajaran seseorang. Namun, sedikit kata "terima kasih" yang terucap saat pemikiran para pemimpin atau tokoh hebat tersebut berhasil mengubah hidup Anda ke arah yang lebih baik.

2. Ketika seseorang memberi pujian pada Anda

Setiap kali orang memberi kita pujian, seringkali kita enggan untuk menanggapi kata-kata tersebut. Bahkan, kita cenderung untuk mengecilkan hati dan diri sendiri yang membuat kata-kata pujian tersebut seperti bentuk sindiran. Padahal, menerima pujian bukanlah tanda kesombongan ketika kata "terima kasih" menjadi balasannya.

3. Ketika seseorang memberi saran pada Anda

Saran seseorang baik diminta atau tidak adalah satu bentuk perhatian. Meski Anda yang memutuskan saran itu berguna atau tidak, hal tersebut menunjukkan bahwa mereka berusaha membantu. Ketimbang menolak saran yang diberikan, cobalah untuk menganggapnya sebagai hal baik dan katakan "terima kasih".

4. Setiap ada orang yang membantu memberikan jalan keluar

Sebagai mahluk sosial, salah satu keinginan manusia adalah berperan dalam hidup sesamanya. Banyak orang yang ingin terlibat dan membantu, tetapi sedikit yang menyadarinya. Mungkin Anda saat ini berpikir segala sesuatunya bisa dilakukan sendiri, tetapi jangan pernah meremehkan bantuan orang lain. Cobalah untuk berani ucapkan "terima kasih" saat ada orang yang ingin membantu Anda.

5. Ketika seseorang selalu ada di sisi Anda

Mungkin Anda memiliki istri dan anak atau pacar, teman, serta sahabat. Seringkali orang-orang yang ada dan terdekat tidak Anda anggap atau tidak diabaikan karena merasa hal tersebut adalah tugas mereka. Padahal mereka adalah orang-orang yang mendukung kehidupan Anda apapun bentuknya dan siap untuk membantu. Mulai saat ini, ucapkanlah "terima kasih" atas keberadaan mereka di hidup Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.