Sukses

Eksis di Instagram, Resep Jadi Bahagia?

Saat eksis di Instagram, betul kah Anda menjadi lebih bahagia?

Liputan6.com, Jakarta Mungkin, hampir setiap waktu Anda melihat ponsel, dari bangun tidur hingga menjelang tidur lagi. Ya, generasi milenial memang hampir tidak bisa terlepas dari ponselnya kini.

Hampir segalanya menjadi hal yang perlu diunggah online di Instagram melalui ponsel. Dari makanan, matahari terbenam, hingga binatang lucu yang dilihat. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu merasa buruk bila Anda salah satu dari kriteria itu. Karena sebenarnya hal itu membuat Anda bahagia.

Sebuah penelitian menunjukkan, kegiatan mendokumentasikan sebuah momen dapat membuat seseorang lebih menikmati momen tersebut. Hal ini dibandingkan dengan seseorang tidak mendokumentasikan sama sekali.

Peneliti melakukan percobaan terhadap sejumlah kelompok dengan kegiatan seperti pergi ke museum, makan, dan mengeksplorasi sebuah kota. Mereka menemukan, orang lebih menikmati kegiatan mereka saat dapat mengabadikan momen itu daripada tidak memegang ponsel sama sekali.

Mengapa? Ini karena mereka lebih memiliki ikatan dengan apa yang sedang terjadi.

"Secara sadar mengambil gambar akan membuat perhatian Anda tertuju pada kegiatan yang sedang dilakukan. Ini akan memberikan Anda kepuasan, terlebih jika hasil gambarnya baik," kata Kristin Diehl, salah satu peneliti studi tersebut, dikutip dari Time, Minggu (26/6/2016).

Bagi Anda yang tidak hobi mengunggah foto di Instagram pun, kegiatan mendokumentasikan momen juga bermanfaat. Karena paling tidak Anda bisa lebih menikmati momen tersebut tanpa harus mendapatkan like di Instagram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini