Sukses

Ternyata, Anjing Tidak Suka Dipeluk, Simak di Sini

Ternyata, pelukan bukan perilaku yang disukai oleh anjing, mengapa? Simak alasannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Memeluk hewan peliharaan di rumah yang menggemaskan mungkin adalah salah satu kegiatan yang paling sulit ditahan. Biasanya kita akan rutin memeluk sambil memberikan usapan lembut kepada anjing, kucing, kelinci dan lainnya.

Dalam Psychology Today, Stanley Coren Ph.D,. F.R.S.C., seorang penulis dan profesor psikologi di University of British Columbia menuliskan tentang perbedaan dengan manusia, ternyata anjing tidak suka dipeluk, seperti dilansir dari goodhousekeeping.com, Rabu (27/4/2016).

Faktanya, pelukan-pelukan tulus yang biasa diberikan kepada hewan yang satu ini justru membuat mereka merasa stres.

Menurut Stanley, ketika anjing merasa terancam, respon pertama mereka bukan menggigit, namun lari, dan pelukan secara otomatis akan melumpuhkan anjing, karena tingkat stres mereka yang meningkat drastis. Untuk itu, situs-situs perlindungan hewan seperti doggonesafe.com menyarankan untuk tidak memeluk anjing, khususnya anak-anak.

Ingin membuktikan hal ini, Stanley mengambil sampel acak dari 250 foto orang-orang yang sedang memeluk anjing peliharaan mereka di Google Image Search dan Flickr. Dari semua foto yang dikumpulkannya, Stanley berusaha menguraikan tanda-tanda kecemasan yang ditunjukkan oleh semua anjing, seperti mengalihkan kepalanya, memperlihatkan bagian putih dari matanya, menjilat, dan menurunkan telinganya.

Stanley menemukan 81,6% dari foto yang diamatinya menunjukkan tanda-tanda stres, ketidaknyamanan, dan kecemasan dari para anjing.
Hanya sekitar 7,6% foto yang menunjukkan anjing menikmati untuk dipeluk.

"Pelukan adalah perilaku alami dari manusia, bukan hewan, apalagi anjing. Bagaimana seekor anjing menerima pelukan dari manusia tergantung seberapa baik anjing tersebut telah diperkenalkan dengan perilaku tersebut. Namun, jika anjing itu belum dibiasakan menerima pelukan, hal itu hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan, bahkan perilaku defensif dan ofensif dari anjing tersebut," papar Amy Shonjai, ahli hewan peliharaan.

Jadi, mulai saat ini, Anda harus melihat reaksi dari anjing peliharaan Anda ketika menerima pelukan. Ketika ia menunjukkan reaksi ketidaknyamanan atau kecemasan, maka Anda harus mencari cara lain untuk menunjukkan rasa cinta Anda kepadanya, seperti tepukan di kepala atau usapan di area perutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini