Sukses

Ini Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Traveling ke Thailand

Alih-alih ingin berwisata, Anda bisa saja terjebak dalam pengeluaran yang tinggi, dan membuat perjalanan wisata Anda tidak menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Traveling ke Thailand merupakan salah satu pilihan yang menyenangkan, tempat penginapan yang dibangun semenarik mungkin, pantai indah yang dilengkapi bungalow, hingga makanan mi yang lezat dan sangat murah menjadi berbagai alasannya.

Namun jika Anda belum benar-benar tahu seluk-beluk pariwisata Thailand, ada baiknya untuk mempelajarinya dahulu. Hal ini penting, alih-alih ingin berwisata hemat dan menyenangkan ke Thailand, Anda malah terjebak dalam pengeluaran yang tak terbendung yang membuat perjalanan wisata Anda tidak menyenangkan.

Seperti dilansir dari Roughguides, Senin (25/4/2016), berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan perjalanan wisata ke Thailand.

Hormati kebudayaan setempat dan tahu etiket
Thailand atau kebanyakan negara di Asia Tenggara dikenal sebagai "Land of Smiles", namun senyum mereka dengan cepat akan hilang jika Anda tidak menghormati budaya setempat. Bagi budaya Thailand, kaki merupakan bagian terendah dari tubuh, dan kepala dianggap paling suci, sehingga tidak semua orang bisa menyentuh kepala orang yang lain seenaknya, bahkan kepada anak-anak atau orang yang lebih muda dari Anda secara usia.

Gunakan transportasi umum
Menggunakan tuk-tuk saat berada di Thailand tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tidak boleh terlewatkan. Namun jika jarak tempuh yang akan Anda lalui terlalu panjang, ada pilihan transportasi lain. Bus Thailand atau yang dikenal dengan nama Baw Khaw Saw (BKS) menjadi pilihan lainnya.

BKS hadir di setiap sudut kota Thailand. Selain dapat mempelajari budaya Thailand dari dekat, dengan menggunakan BKS, Anda juga dapat menghemat pengeluaran Anda selama berwisata di negara Gajah Putih ini.

Temukan saat yang tepat
Waktu terbaik untuk mengunjungi Thailand adalah antara November dan Februari, yaitu ketika musim hujan selesai. Namun bagi Anda yang ingin menghindari tumpukan orang di musim liburan, Anda bisa mengunjungi Thailand pada Mei sampai Oktober. Tapi jangan harap Anda bisa berjemur di pantai jika datang di antara bulan tersebut, karena Thailand sedang berada dalam musim penghujan.

Jangan tertipu
Jangan sampai tertipu dengan sopir tuk-tuk yang membawa Anda. Pengalaman tidak menyenangkan pernah dialami Helen Ochyra, penulis travel Roughguides. Saat ingin berkunjung ke salah satu candi, dirinya tertipu sopir tuk-tuk yang mengatakan bahwa hari itu merupakan hari libur nasional, sehingga kompleks candi ditutup. Lalu sang sopir mengajak Helen mengunjungi pabrik karpet milik saudaranya.

Pastikan harga sebelum membeli
Sama halnya dengan di Indonesia, saat Anda ingin menggunakan transportasi tuk tuk atau taksi tanpa argometer, ada baiknya Anda memastikan persetujuan harga sebelum masuk kendaraan. Proses tawar-menawar juga bisa Anda lakukan saat berada di pasar tradisional. Pastikan harga barang yang akan Anda beli, karena kebanyakan penjual di Thailand akan menaikan harga pada wisatawan.

Gunakan hostel
Sebagai salah satu destinasi wisata dunia, Thailand memiliki jaringan besar hostel. Anda tidak hanya akan menghemat uang dengan menggunakan hostel, tetapi juga bertemu dengan banyak orang lokal dan mempelajari kebudayaan mereka. Staf hostel menjadi sumber informasi yang dipercaya, jika ada yang ingin Anda tanyakan tentang pariwisata Thailand.

Ikuti angin berhembus
Tips ini khusus bagi Anda yang gemar berpetualangan. Ikuti angin berhembus saat berwisata di Thailand. Tinggal di suatu tempat jika Anda menyukainya, dan tinggalkan jika Anda tidak suka. Menjelajahi Anda menjelajahi Thailand dan menemukan keramahan penduduknya, di kemudian hari Anda akan dihinggapi kerinduan untuk kembali lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.