Sukses

Lotion untuk Mandi, Apakah Dapat Benar-benar Berfungsi?

Berikut ini adalah fakta mengenai kegunaan dan manfaat dari lotion yang diaplikasikan pada saat mandi.

Liputan6.com, Jakarta Saran untuk memakai lotion segera setelah Anda selesai mandi mungkin sama pentingnya dengan ritual membersihkan makeup sebelum pergi tidur di malam hari.

Dilansir dari marieclaire.com, Jumat (15/4/2016), saat ini banyak merek mengeluarkan pelembap atau lotion yang dapat digunakan pada saat mandi. Apa itu lotion untuk mandi? Apakah lotion tersebut diaplikasikan hanya untuk hilang karena terkena air setelahnya?

Dr. Donna Bilu Martin, seorang dermatologis yang berasal dari Miami, berusaha menjelaskan apa perbedaan kandungan dari lotion untuk mandi dengan lotion yang biasa Anda gunakan.

"Biasanya, pelembap mengandung humektan, yang bereaksi dengan air dan emolien yang dapat mengunci kelembapan. Namun, di dalam lotion untuk mandi, ada gabungan antara kedua bahan ini yang akan aktif ketika terkena air dan menyimpan minyak dan emolien di dalam kulit, sebelum mereka dibilas," kata Dr. Donna.

Masalahnya adalah walaupun ini merupakan jenis perawatan tubuh yang dapat menyimpan air di dalam kulit, bahkan setelah Anda selesai mandi, belum tentu kulit cukup lembap untuk bertahan sepanjang hari.

"Lotion untuk mandi sangat baik bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal. Namun, jika Anda memiliki jenis kulit yang kering, maka sebaiknya Anda menambahkan perawatan tradisional, seperti minyak zaitun," kata Dr. Doona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini