Sukses

Perbedaan Fungsi Lotion untuk Tubuh dan Tangan

Mengapa jenis lotion untuk tangan dan tubuh berbeda? Simak penjelasan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk wanita yang memiliki berbagai macam krim dari mulai krim pelindung matahari, krim malam dengan retinol, lotion tubuh dengan aroma vanila, dan krim khusus tangan?  Atau Anda termasuk orang yang hanya menggunakan satu jenis lotion untuk tubuh dan tangan Anda?

Faktanya, tangan dan tubuh Anda adalah dua bagian yang berbeda. Tangan Anda adalah bagian yang sangat rentan kering, terutama saat musim dingin, seperti dilansir dari sheknows.com, Rabu (23/3/2016).

Menurut Dr. Christine Choi Kim, seorang dokter kulit medis dan kosmetik, lotion untuk tangan biasanya lebih pekat daripada lotion yang digunakan untuk tubuh.

"Ada juga body butter dan body lotion dengan cairan yang pekat. Sebagian besar lotion untuk tangan dan tubuh bisa digunakan secara bergantian," jelas Christine.

Namun, ada sebuah peringatan keras yang harus benar-benar Anda perhatikan, sebelum menggunakan lotion tangan di tubuh Anda, terlebih dahulu baca aturan pemakaian pada label yang tertera.

"Ada satu pengecualian, yaitu beberapa lotion tangan memang mengandung bahan keratolitik yang berguna untuk pengelupasan kulit kering dan mati, sekaligus melembapkan kulit yang kasar. Namun, walaupun formula ini dapat digunakan pada siku, lutut, dan telapak kaki, lotion ini juga dapat menyebabkan iritasi jika digunakan di seluruh anggota tubuh Anda," papar Christine.

Lotion tangan dan tubuh biasanya mengandung tabir surya yang dapat melindungi Anda sepanjang hari dari paparan sinar matahari yang menyengat.

Jangan bingung, Anda tetap dapat bergantung pada beberapa produk terbaik yang ditawarkan masing-masing brand untuk masing-masing anggota tubuh, atau Anda dapat menggunakan minyak kelapa.

Seorang penasihat perawatan tubuh bernama Miki Spies mengatakan, "Saya telah berusia 48 tahun dan kulit saya tidak pernah selembut ini sebelumnya. Sebuah toples minyak kelapa seharga 6 dollar atau sekitar Rp 60.000 dapat bertahan lama. Setelah Anda mandi, aplikasikan pada tubuh. Ulangi lagi saat Anda ingin pergi tidur," jelas Miki.

Intinya adalah jika Anda menggunakan pelembap kulit alami, seperti minyak kelapa, Anda dapat menggunakannya tanpa ragu di seluruh tubuh, termasuk tangan. Namun, ini tidak berlaku ketika Anda menggunakan lotion tangan di seluruh tubuh Anda. Sama halnya ketika Anda menggunakan lotion tubuh untuk tangan Anda. Kabar baiknya, berarti Anda tidak perlu menghabiskan banyak anggaran untuk membeli lotion yang berbeda-beda untuk setiap bagian tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini