Sukses

8 Cara Ini Bantu Anda Bertahan Menjalani LDR

Berikut beberapa tips jitu untuk menjalani sebuah hubungan cinta jarak jauh atau LDR

Liputan6.com, Jakarta Hubungan jarak jauh atau yang biasa disebut dengan LDR (Long Distance Relationship) memang dikenal rumit dan sulit untuk dijalani. Namun bukan berarti jenis hubungan ini ditakdirkan untuk tidak dapat bertahan lama atau selamanya. Hanya saja hubungan ini memiliki tantangan tersendiri.

Menurut beberapa ahli hubungan asmara, LDR dapat jauh lebih sehat dan stabil, ketimbang hubungan yang dijalin oleh dua orang yang tinggal berdekatan secara biologis. Pada kenyataannya setiap jenis hubungan menimbulkan tantangan dan memiliki kekuatan yang berbeda. Dilansir dari self.com, Minggu (3/4/2016), berikut ini adalah beberapa tips untuk bertahan menjalani hubungan cinta jarak jauh atau LDR.

1. Instal beberapa aplikasi komunikasi pada ponsel Anda
Setiap pasangan yang menjalani sebuah hubungan jarak jauh biasanya memiliki beberapa aplikasi yang memungkinkan mereka melakukan komunikasi dengan mudah. Tidak hanya suara saja, saat ini berbagai aplikasi terbaru memungkinkan Anda untuk dapat melihat dan memantau kegiatan yang sedang dilakukan oleh pasangan di belahan dunia yang lain.

2. Buat kehidupan seks dengan pasangan secara digital
Selain untuk berkomunikasi, saat ini Anda juga dapat menemukan aplikasi-aplikasi yang dapat memuaskan gairah berhubungan seksual Anda dengan pasangan. Aplikasi ini memungkinkan Anda memberikan dan menerima rangsangan dari jarak jauh menggunakan remote.

3. Rencanakan kejutan-kejutan kecil
Gestur manis dan kejutan kecil, seperti mengirimkan bunga atau cokelat dari jarak jauh dapat menunjukkan rasa cinta dan komitmen Anda kepada pasangan, walaupun tidak secara langsung.

4. Kirim pesan yang menunjukkan perhatian
Kemampuan untuk mengirimkan pesan setiap saat pada pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh menjadi hal yang sangat krusial. Namun ingat untuk memilih topik pembicaraan dengan hati-hati, setiap percakapan yang terjadi tidak secara langsung dapat menimbulkan kesalahpahaman. Jika Anda merasa perlu membicarakan sesuatu hal yang penting, lebih baik melalui telepon.

5. Berikan waktu sepenuhnya untuk pasangan Anda
Apa yang bisa dilakukan oleh pasangan yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, selain menelepon? Apapun komunikasi yang sedang Anda lakukan dengan pasangan, buatlah waktu sepenuhnya, tanpa gangguan yang tidak berarti. Contohnya, Anda menelepon pasangan sembari melihat instagram. Ini membuat Anda tidak mendengarkan apa yang dikatakan oleh pasangan dengan baik. Ini bukan bentuk perhatian yang sehat dalam sebuah hubungan asmara.

6. Buat waktu untuk berbagi secara rutin
Ini bisa dilakukan dengan membuat semacam jadwal untuk menonton bersama-sama pasangan melalui aplikasi Skype. Selain mudah, ini adalah cara yang manis untuk menjalani sebuah hubungan jarak jauh.

7. Jelas dalam segala hal
Yang dimaksud segala hal di sini adalah kekhawatiran dan harapan. Apa yang menjadi harapan dan kekhawatiran Anda, pastikan pasangan mengetahuinya. Sebaliknya juga begitu. Anda dan pasangan harus tetap berjalan beriringan walaupun terpisah dengan jarak.

8. Hargai hal-hal kecil
Seringkali dalam sebuah hubungan jarak jauh yang Anda inginkan hanyalah saling berpegangan tangan dan pelukan. Lupakan tentang seks dan ini tetap menjadi kesulitan yang paling besar. Yang bisa Anda lakukan adalah menghargai setiap hal-hal kecil yang terjadi di dalam hubungan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.