Sukses

Tips Jalani LDR Agar Hubungan Tetap Awet

Hubungan jarak jauh atau LDR tentu banyak rintangan. Berikut tips jalani LDR agar kualitas hubungan Anda dan pasangan tetap awet.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang mudah saat menjalani hubungan pacaran jarak jauh atau LDR (Long Distance Relationship). Ada saja godaan masalah yang memicu terjadinya kesalahpahaman sehingga hubungan menjadi retak. Padahal kunci utama dalam sebuah hubungan adalah komunikasi yang baik.

Seperti dilansir dari lifehack.org, Jumat (6/11/2015), selain komunikasi yang baik, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan pacaran jarak jauh Anda.

1. Hindari komunikasi yang berlebihan
Dalam sebuah hubungan jarak jauh, komunikasi memang diperlukan. Namun, hindari berkomunikasi berlebihan sampai tak mengenal waktu. Hal tersebut akan menimbulkan kebosanan pada pasangan dan Anda sendiri.

2. Lihat sebagai proses belajar
"Jika Anda ingin hidup bersama, Anda harus terlebih dahulu belajar untuk hidup terpisah" -Anonim

Hubungan jarak jauh bisa dilihat sebagai sebuah kesempatan bagi Anda dan pasangan untuk belajar menghadapi ujian satu sama lain. Mulailah dengan mencari celah untuk berbagi pengalaman masing-masing sehingga bisa belajar untuk saling memahami.

3. Berkomunikasilah dengan teratur dan kreatif
Komunikasi sudah jadi poin penting bagi Anda dan pasangan dalam menjalani hubungan jarak jauh. Salah satunya adalah dengan berkomunikasi dengan teratur dan kreatif baik menggunakan video, gambar, atau audio. Berkreasilah agar hubungan Anda tidak membosankan.

4. Fantasi seksual
Bagi pasangan yang sudah resmi menikah dan menjalani hubungan jarak jauh, fantasi seksual dengan pasangan Anda dapat meningkatkan kualitas hubungan walau terpisah oleh jarak.

5. Jaga kejujuran satu dengan yang lain
Walau terpisah oleh jarak yang jauh, bukan berarti Anda bebas untuk tidak jujur dengan pasangan. Jika hal tersebut terjadi, lambat laun kebohongan yang Anda buat akan terbongkar dengan sendirinya. Jagalah diri Anda untuk tetap jujur satu sama lain.

6. Berikan benda kesayangan pada pasangan Anda
Mungkin terkesan sangan kekanakan, tetapi menurut riset beberapa psikolog di Amerika, menyimpan benda kesayangan pasangan masing-masing saat sedang hubungan jarak jauh akan membuat hubungan tersebut bertahan.

7. Tetap berpikiran positif
Pikiran negatif selalu menggoda saat memiliki hubungan jarak jauh yang dapat menimbulkan kesalahpahaman. Oleh karena itu, berpikir positiflah. Pikiran positif akan membantu Anda untuk tidak selalu curiga akan pasangan dan menghindarkan dari fitnah.

(Uno/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini