Sukses

Fakta Menarik Tentang Jeans yang Belum Anda Ketahui (Part 1)

Berikut fakta menarik tentang celana jeans yang mungkin belum Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak memiliki celana jeans di lemari pakaian. Semua pecinta fashion, wanita maupun pria pasti memiliki koleksi jeans. Namun, tahukah Anda terdapat beberapa fakta tentang jeans yang mungkin saja belum Anda ketahui. untuk itu Liputan6.com merangkum fakta-fakta tersebut. Seperti yang dilansir dari Historyofjeans, Senin (7/3/2016), berikut 12 fakta menarik tentang jeans.

1. Levi Strauss & co menjahit jeans menggunakan benang berwarna oranye, dan hingga kini menjadi trademark. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan warna tembaga pada bagian zipper.

2. Paku pada jeans sebelumnya dimaksudkan untuk membuat busana berbahan jeans lebih kuat khususnya pada bagian kantongnya. Pada awalnya Levi Strauss & co menempatkan paku ini pada semua saku kantong, baik pada bagian depan dan bagian belakang. Namun banyak pecinta jeans yang komplain karena menyakitkan ketika duduk di kursi kayu. Akhirnya perusahaan menghilangkan desain paku pada dua kantong belakang celana jeans, hingga sekarang.

3. Untuk membuat satu potong jeans Levi 501s dibutuhkan 37 tahapan dalam menjahitnya.

4. Celana jeans levi's tertua di temukan pada tahun 1997 berkisar 100 tahun yang lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta unik tentang jeans

Celana jeans merupakan celana dengan bahan yang banyak digemari baik pria, wanita, dan anak-anak. (via: plimbi.com)

5. Jeans pertama kalinya diperkenalkan dalam 2 varian warna yaitu indigo blue dan brown cotton "duck".

6. Pertama kali jeans dikenal sebagai pakaian kerja dengan potongan pinggang yang tinggi.

7. Brand yang pertama kali memperkenalkan jeans ke dalam dunia mode dan hingga kini menjadi legenda dan tertulis pada bagian belakang di atas kantung belakang produk jeansnya yaitu Levi Strauss

8. Jeans pertama kali muncul dengan warna gelap seperti biri indigo dan cokelat gelap karena warna ini dapat menutupi noda dan tidak mudah kotor.

3 dari 3 halaman

Fakta mengejutkan tentang jeans

Kantong imut yang ada di celana jins ternyata dulunya berfungsi untuk menyimpan emas.

9. Saat pertama kali jeans hadir sebagai busana kerja ada perbedaan pada cara penggunaannya antar perempuan dan laki-laki. Jeans untuk pria didesain dengan risleting pada bagian depan, sedangkan untuk wanita zipper terletak pada bagian samping.

10. Butik di sebuah kampung kecil di bagian selatan New York yang disebut "Limbo", merupakan retailer pertama yang mencuci jeans sebelum bisa digunakan. Mulai dari sinilah jeans hadir sebagai salah satu fashion item.

11. Sebanyak 20 ribu ton nila diproduksi setiap tahunnya untuk pewarnaan sepasang celana jeans.

12. Nama "denim" berasal dari nama kaim yang kokoh dan tahan lama dan berasal langsung dari Nimes, Perancis.

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini