Sukses

Daftar Negara dengan Paspor Terbaik dan Terburuk di Dunia

Ini desain paspor terbaik hingga terburuk dari seluruh negara di dunia. Adakah Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda memulai merencanakan perjalanan wisata ke luar negeri, ada satu dokumen yang tentunya harus dipersiapkan, yaitu paspor. Paspor menjadi dokumen penting untuk bisa mengunjungi suatu negara. Namun, beda negara, beda juga desain paspornya.

Liputan6.com merangkum daftar paspor terbaik hingga yang terburuk di dunia. Dilihat dari desain, kualitas kertas, keadaan pariwisata di negara tersebut dan penawaran wisata ke luar negeri bebas visa. Berikut urutan negara dengan paspor terbaik hingga terburuk seperti yang dilansir dari situs CNN, Jumat (4/3/2016).

 

1. Swedia

Paspor terbaik hingga terburuk di dunia

Paspor di Swedia memiliki bahan kertas serta tinta yang baik, juga bebas visa di 176 negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Belgia

 

2. Belgia

Paspor terbaik hingga terburuk di dunia

Belgia memiliki 174 negara bebas visa. Paspor di negara ini juga memiliki material yang berkualitas mulai dari kertas hingga tintanya sehingga menjadi paspor terbaik di dunia.

3 dari 6 halaman

Hungaria, Republik Ceko

3. Hungaria, Republik Ceko

Paspor terbaik hingga terburuk di dunia

Pada 2016, Hungaria telah mengeluarkan bebas visa untuk 167 negara. Hal ini memudahkan masyarakat untuk berwisata ke luar negeri. Selain itu, Hungaria juga memiliki paspor yang terbaik di dunia. Hal ini karena desain yang menarik dan kualitas tinta serta kertasnya yang baik.

4 dari 6 halaman

Irak

4. Irak

Paspor terbaik hingga terburuk di dunia

Irak memiliki paspor bebas visa di 30 negara. Karena jumlah negara bebas visa yang sedikit padahal potensi pariwisata sejarah di Irak yang baik membuat paspor di negara ini menjadi salah satu yang terburuk. Desain cover dan ukurannya juga memiliki beberapa kekurangan sehingga membuatnya kurang menarik.

5 dari 6 halaman

Pakistan

5. Pakistan

Paspor terbaik hingga terburuk di dunia

Begitu juga halnya dengan Pakistan. Menyusul setelah Irak, Pakistan memiliki paspor bebas visa di 29 negara.

6 dari 6 halaman

Afganistan

 

6. Afganistan

Paspor terbaik hingga terburuk di dunia

Terakhir Afganistan menjadi salah satu negara dengan paspor yang kurang baik karena desain dan tampilannya. Paspor di negara ini berupa lembaran kertas biasa yang tidak dibukukan. Hal ini membuat paspor di negara kategori miskin ini hanya memiliki paspor bebas visa di 25 negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.