Sukses

Kotawaringin Timur Siapkan Ratusan Kacamata Khusus Gerhana

Pemerintah Kotawaringin Timur menyiapkan 500 kacamara khusus untuk menyaksikan gerhana matahari total.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menyiapkan 500 kacamata khusus untuk menyaksikan gerhana matahari total yang akan dibagikan gratis kepada masyarakat.

"Untuk sementara pemerintah daerah menyiapkan 500 kacamata yang memang diperuntukkan bagi orang yang ingin melihat gerhana. Ini untuk mencegah bahaya gerhana terhadap kesehatan mata," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur (Kotim) Putu Sudarsana di Sampit kepada Antara, Kamis (3/3/2016)

Gerhana matahari total diperkirakan akan terjadi pada Rabu, 9 Maret 2016. Untuk wilayah Kalimantan Tengah, hanya dua daerah yang bisa menyaksikan gerhana matahari total ini dengan jelas, yakni Sampit yang mulai gerhana matahari total pada pukul 07.27 WIB dan Palangka Raya mulai gerhana matahari total pukul 07.28 WIB.

Meski fenomena alam langka dan menarik, namun masyarakat diingatkan mewaspadai bahaya menatap gerhana matahari secara langsung. Masyarakat diminta menggunakan alat bantu seperti kacamata khusus atau benda lain yang memang dinyatakan aman untuk melindungi mata saat menatap gerhana matahari total.

Putu juga mengingatkan penjual kacamata gerhana hanya menjual kacamata yang memang benar-benar memenuhi standar keamanan untuk digunakan melihat gerhana. Mengingat, menatap gerhana matahari dengan mata telanjang berisiko terhadap kesehatan mata.

Terkait rangkaian acara, pemerintah daerah bekerjasama dengan sejumlah pihak sudah menyiapkan berbagai kegiatan. Selain menggelar shalat kusuf atau shalat gerhana matahari, berbagai kegiatan yang dipusatkan di ikon Kota Sampit yakni patung ikan jelawat di pinggir Sungai Mentaya.

Usai shalat kusuf, akan digelar pertunjukan tari tradisional pesisir dan pedalaman, wisata jajanan tradisional dan kegiatan lainnya. Pemerintah daerah mempersilakan masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. (Norjani)

 

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini