Sukses

Wisman dari 12 Negara Tertarik Lihat Gerhana Matahari Total

Wisatawan mancanegara dipastikan akan meramaikan Palembang saat gerhana matahari total.

Liputan6.com, Palembang Wisatawan dari 12 negara dipastikan datang ke Kota Palembang, Sumatera Selatan, untuk melihat gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, kepada Antara, Kamis (18/2/2016), menyatakan pihaknya perlu melakukan persiapan dalam menyambut GMT pada 9 Maret mendatang yang dipastikan akan dilihat banyak wisatawan mancanegara itu.

Menurut dia, hingga saat ini telah terdata wisatawan dari 12 negara telah yang melakukan pemesanan (reservasi) untuk dapat menyaksikan fenomena alam langka itu. Beberapa di antaranya berasal dari Inggris, Prancis, Jerman, Amerika Serikat, Belgia, Belanda, Singapura, dan Malaysia.

"Saat ini untuk persiapan menggelar acara saat terjadi gerhana matahari total itu tetap berjalan dan terus kami lakukan," katanya lagi.

Pihaknya sedang menyiapkan berbagai acara, seperti makan bersama di atas Jembatan Ampera dan sejumlah pementasan seni dan budaya.

"Jadi, ini lebih ke seni budaya dan tradisi, kami mengundang para pelaku usaha juga," ujar dia.

Ia menyebutkan, nanti pada saat gerhana matahari total akan dilakukan salat gerhana matahari di Masjid Agung Palembang dan di Kampung Al Munawar. Selanjutnya di Kampung Al Munawar itu akan ditampilkan pula pertunjukan seni budaya dan makan bersama.

Untuk perbaikan fisik di Kampung Al Munawar, pihaknya bahkan telah menganggarkan dana Rp 2 miliar pada 2016. Kebijakan tersebut bersinergi dengan dinas terkait, mengingat Kampung Al Munawar akan dikembangkan masuk sebagai kampung religi. Nantinya Kampung Al Munawar akan disulap menjadi kawasan homestay bagi wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.