Sukses

La Sagrada Familia, Gereja Artdeco di Jantung Barcelona

Berkunjung ke Barcelona seperti memasuki negeri dongeng yang dipenuhi bangunan bernuansa art deco.

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke Barcelona, Spanyol, sama halnya dengan memasuki dunia baru bernuansa art deco. Berbagai bangunan klasik yang berdiri megah membuat wilayah bangsa Catalunya ini menjadi kawasan dengan cita rasa seni paling tinggi di dataran Eropa.

Jika Anda berkunjung ke Barcelona, salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi adalah La Sagrada Familia. Tidak hanya menawarkan bangunan nan megah bergaya art deco, gereja ini juga memiliki sejarah keberadaan yang panjang. Mulai dibangun sejak 1882, pembangunan La Sagrada Familia menemui banyak hambatan. Setahun kemudian, pembangunan gereja ini diambil alih oleh seorang arsitektur yang memiliki cita rasa seni tinggi bernama Antonio Gaudi.

Antonio Gaudi merupakan arsitektur yang berperan besar dalam pembangunan arsitektur kota Barcelona, sehingga kota ini mempunyai nuansa yang berbeda jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Eropa.

La Sagrada Familia. Foto: Iskandar

Saat Liputan6.com berkunjung, yang ditulis pada Senin (29/2/2016), La Sagrada Familia masih dalam proses pembangunan di beberapa bagiannya. Pembangunan yang lambat tersebut bukan tanpa sebab, seperti dilansir dari situs sagradafamilia.org, hal ini disebabkan oleh pembangunannya yang masih memegang konsep Antonio Gaudi. Sang arsitektur mendambakan skema rancangannya harus dihiasi ribuan ornamen, patung, dan sentuhan seni ukir lainnya.

La Sagrada Familia. Foto: Iskandar

Iskandar, salah seorang wisatawan asal Indonesia kepada Liputan6.com mengungkapkan, “Bangunan Sagrada Familia keren banget, baik itu interiornya maupun luarnya. Di dalam, kaca patri lukisannya itu bisa memencarkan sinar matahari yang beda-beda, kalau sore merah, kalau pagi biru. Kelihatan ini nggak dibangun sembarangan.”

La Sagrada Familia. Foto: Iskandar

Dibuka untuk umum mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 19.00 malam, gereja yang berlokasi di Calle Mallorca, Barcelona, ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Hal tersebut tidak mengherankan, hasil survei UNWTO (organisasi pariwisata PBB) mengungkap, Spanyol menempati urutan ketiga sebagai negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini