Sukses

Pesta Pantai Hingga Seminar Astronomi akan Ramaikan GMT 2016

Menyambut kedatangan fenomena alam langka Gerhana Matahari Total, berbagai atraksi wisata telah dipersiapkan.

Liputan6.com, Jakarta Tidak mudah belajar ilmu gerhana hanya dengan membayangkannya saja. Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang akan terjadi 9 Maret mendatang merupakan momentum terbaik untuk belajar ilmu alam bagi anak-anak. Demikian ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam berbagai kesempatan.

Setidaknya ada 11 daerah di Indonesia yang akan dilalui fenomena GMT, salah satunya Kalimantan Timur. Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak mengaku, pihaknya telah mempersiapkan fenomena GMT sebagai salah satu agenda wisata khas dan sarat edukasi.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Selasa (16/2/2016), Gubernur Awang Faroek mengungkapkan, “Sampai dengan minggu kedua Januari, angka pesanan kamar di sekitar tanggal 6-9 Maret 2016 sudah terisi sampai 85 persen. Angka itu didapat dari 75 hotel atau 5.300-an kamar yang ada.”

Ketertarikan wisatawan menjadikan Kalimantan Timur sebagai salah satu lokasi menyaksikan fenomena GMT bukan tanpa sebab. Di Balikpapan misalnya, daerah ini akan menyuguhkan berbagai atraksi wisata yang menarik, seperti pesta laut, lomba perahu naga, hingga kegiatan seminar astronomi.

Di kawasan Balikpapan sendiri gerhana matahari total diprediksi akan terjadi dalam durasi 1 menit 9 detik. Pemerintah daerah setempat telah menyediakan dua titik pengamatan, yaitu Pantai Manggar dan Lapangan Merdeka. Pada hari H terjadinya GMT, di dua lokasi pengamatan ini akan ditampilkan berbagai hiburan menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini