Sukses

Tahun Baru 2015: Tradisi Malam Tahun Baru Komunitas Latin

Para keturunan latin di Amerika Serikat punya tradisi unik untuk perayaan malam tahun baru 2015.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Para keturunan latin di Amerika Serikat sedang mempersiapkan perayaan menyambut tahun baru 2015. Persiapan malam tahun baru mereka cukup berbeda dengan kebanyakan masyarakat Amerika Serikat. Mereka merayakan sesuai dengan tradisi, ritual, dan adat istiadat leluhur mereka.

Lantas, apa sajakah tradisi mereka dalam menyambut tahun baru 2015? Berikut ulasan yang dilansir dari Voxxi.com, Rabu (31/12/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

12 Buah Anggur

1. 12 Buah Anggur

Tradisi menyiap 12 buah anggur merupakan ritual paling terkenal dalam menyambut tahun baru. Ke-12 buah anggur akan diletakkan dalam mangkuk kecil dan diletakkan di meja makan.

Tradisi ini menyatakan bahwa anggur harus dimakan sambil mengucapkan keinginan oleh masing-masing anggota keluarga pada saat lonceng berbunyi tepat jam 12 malam di tanggal 31 Desember.

Ada pula yang melaksanakan ritual dengan memakan anggur sambil berdiri dengan satu kaki kiri. Ketika memasuki tahun baru, baru kaki kanan diturunkan.

3 dari 8 halaman

Membersihkan Rumah

2. Membersihkan Rumah

Ritual dari warga Meksiko ini diadakan sebelum tengah malam saat pergantian tahun baru. Bersihkan rumah hingga setiap sudut dan tempat terpencil yang jarang disentuh.

Ritual ini dipercaya bisa membawa gelombang baik dan energi baru. Beberapa keluarga, membuang seluruh perlengkapan bersih-bersih usai membersihkan rumah dan memasuki tahun baru.

4 dari 8 halaman

Pakaian Dalam Baru

3. Pakaian Dalam Baru

Tradisi ini sangat populer di kalangan muda. Tampilan seksi mereka dapatkan dengan membeli pakaian dalam baru berwarna atau bercorak tertentu. Menggunakan warna kuning di hari terakhir tahun lalu bisa menarik uang dan kemakmuran. Warna merah akan mendatangkan cinta dan kebahagiaan.

5 dari 8 halaman

Kacang-Kacangan

4. Kacang-Kacangan

Menaruh kacang mentah di dalam saku selama tujuh hari dipercaya akan bisa menarik energi yang menciptakan kemakmuran dan kedatangan uang lebih banyak di tahun depan.

6 dari 8 halaman

Keinginan Berkelana

5. Keinginan Berkelana

Liburan akhir tahun menjadi kesempatan besar untuk menikmati dan menjelajahi dunia. Tak perlu berkelana ke negeri yang jauh dari tempat asal, tetapi cukup berjalan mengelilingi daerah sekitar yang tak sempat dinikmati di hari sibuk.

7 dari 8 halaman

Membuang Air ke Jendela

6. Membuang Air ke Jendela

Tradisi ini berasal dari Puerto Rico. Membuang seember air ke jendela dimaksudkan untuk mengusri energi buruk yang dari ke rumah. Sebelumnya, seember air tersebut harus dibawa keliling ke seluruh penjuru rumah. Maksudnya, mengumpulkan segala energi buruk yang akan dibuat keluar.

8 dari 8 halaman

Emas dan Sampanye

7. Emas dan Sampanye

Beberapa keluarga merayakan akhir tahun dan awal tahun dengan memegang gelas penuh sampanye. Cukup unik ketika benda emas dimasukkan ke dalam gelas tersebut. Ritual ini ditunjukkan untuk mencapai kemakmuran di tahun mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini