Sukses

The Bale, Restoran Organik Pertama dan Tertinggi di Lembang Dibuka

Liputan6.com, Jakarta Lembang, Bandung memiliki pemandangan indah dengan hutan dan gunung membuatnya menjadi destinasi wisata favorit yang terletak tak jauh dari ibu kota. Memaksimalkan keindahan karunia Tuhan, satu lagi destinasi wisata kuliner yang memanjakan mata dan memberikan pengalaman tak terlupakan bisa Anda temukan di Lembang.

Terletak di ketinggian 1.300 mdpl, Cibodas, Lembang berdiri sebuah bangunan berbentuk pendopo bernama The Bale Restaurant yang terletak di Muberry Hill By The Lodge yang baru saja dibuka pada Jumat (23/2/2018). The Bale Restaurant menyuguhkan Anda pemandangan dari titik tertinggi di Cibodas, Lembang dengan view 360 derajat yang dikelilingi lima gunung, salah satunya Tangkuban Perahu.

Saat tiba di Mulberry Hill By The Lodge, kami berganti mobil yang disediakan pihak cottage untuk sampai di The Bale Restaurant yang terletak di atas. Jalanan terjal dan menanjak mendominasi perjalanan dengan pemandangan perkebunan yang luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebun Organik

Rupanya, perkebunan yang kami lewati tersebut merupakan lahan kebun organik milik Muberry Hill By The Lodge di mana sayuran dan buah hasil panen dipakai sebagai bahan baku di The Bale Restaurant. Konsep memberikan peluang pekerjaan bagi para petani lokal, potensi keindahan alam, dan mengusung gaya hidup sehat menjadi ide awal berdirinya The Bale Restaurant.

"Ini adalah impian saya untuk mengusung gaya hidup sehat dengan menyajikan makanan organik, dengan pemandangan 360 derajat yang indah dan membantu masyarakat di tiap bisnis yang saya jalani," ujar pemilik Mulberry Hill by The Lodge, Heni Smith saat ditemui Liputan6.com usai launching The Bale Restaurant.

Sebelumnya, Heni Smith lebih dulu sukses membuka destinasi primadona di Lembang, The Lodge Maribaya. Sempat ragu, karena daerah Cibodas yang terletak cukup jauh dari jalan raya utama Lembang, namun ia berhasil membuat The Lodge dikunjungi lebih dari 3.000 orang saat weekday dan 10.000 orang di akhir pekan. 

"Meski sepertinya lokasi The Lodge dan Mulberry Hill tempat The Bale Restaurant itu in the middle of nowhere, saya yakin akan terus berkembang. Saya sudah riset, belum ada di Bandung resto organik dengan view sangat cantik dan meski terletak di tempat yang cukup effort dijangkau, tidak seperti di Kampung karena bentuknya yang smart Sundanese, lanjut istri dari Adrian Smith ini bersemangat.

3 dari 3 halaman

Harga Super Terjangkau

Selain menyajikan makanan organik dan pemandangan dari titik tertinggi di Cibodas, Lembang, The Bale Restaurant memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung. Di mana para pengunjung bisa melihat, memilih, dan memetik langsung sayuran di Organic Farm sebelum dimasak oleh para chef terbaik.

"Nah, ini juga pengalaman yang kami berikan di The Bale Restaurant sebagai pembeda dari tempat lain. Kami punya 2000 m lahan organic farm yang bisa dieksplorasi oleh para pengunjung untuk bahan menu makanan yang sudah dipilih," lanjut Heni.

Ya, semenjak kepulangannya ke Indonesia dari Inggris 6 tahun lalu, Heni sudah menerapkan gaya hidup sehat. Ia menyadari jika berbagai varian sayuran dan buah bisa dikembangkan bukan hanya menjadi lalapan atau salad standar dan diwujudkan di restoran organiknya tersebut.

"Sejauh ini semua sayuran dan ayam sudah organik. Hanya daging saja yang belum, karena memang harganya masih mahal yang akan mempengaruhi harga makanan," lanjutnya.

Jangan khawatir juga soal harga, meski bahan baku yang disajikan serba organik, Heni memastikan tidak mematok harga mahal. Namun, untuk kenyamanan pengunjung, ia akan menerapkan reservasi dan biaya minimun di The Bale Restaurant.

"Kapasitas resto sekitar 85 orang (indoor) dan mencapai 100 orang (outdoor) perlu pengaturan agar tidak menumpuk. Dengan harga mulai dari Rp 35.000 sampai Rp 125.000 Anda bisa menikmati pengalaman bersantap yang unik dan sehat," paparnya lagi.

Masak Sehat Bareng Diva Titi DJSaat launching The Bale Restaurant, hadir Diva tanah air Titi DJ yang memang concern dengan gaya hidup sehat dengan menyantap makanan sehat. Bersama chef jagoan The Bale Restaurant, Titi DJ yang ditemani Edi Brokoli memasak menu Chicken Salad Honey Mustard.

"Masakan organik biasanya dikenal tasteless karena tanpa msg. Tapi dengan bahan lain seperti madu dan cuka anggur, makanan bisa jadi enak banget seperti ini," ujar Titi DJ sambil menyantap Chicken Salad Honey Mustard.

Diiringi musik kaulinan urang lembur, acara launching The Bale Restaurant makin menyatu dengan keindahan alam. Terdapat juga organic market yang menjual hasil kebun tanaman organik dengan harga ramah di kantong.

Bagaimana? Tertarik mencoba makan cara unik dan sehat dengan pemandangan menakjubkan? Sst Anda juga bisa menyaksian sunset dan sunrise dari The Bale Restaurant. Penasaran, bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.