Sukses

Coba Tester Makeup? Ini Cara Aman Menggunakannya

Cegah penyebaran virus akibat tester makeup dengan cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Mencoba tester makeup merupakan hal yang lumrah bagi sebagian orang. Padahal, fakta menyatakan bahwa mencoba tester makeup merupakan hal yang membahayakan bagi kesehatan. Efek samping dari mencoba tester makeup pada toko kosmetik pun telah mencapai fakta di mana banyak orang yang terjangkit penyakit menular akibat mencoba tester makeup secara bergantian.

Seperti yang dilansir dari Allure.com, ternyata ada beberapa cara untuk mencegah penyakit akibat penggunaan tester makeup secara bergantian. Penasaran apa saja? Simak berikut ini.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Beberapa produk terbukti aman digunakan bergantian

Ilustrasi Foto Kuas Makeup (iStockphoto)

Tak semua produk makeup menjadi sarang berkembangnya bakteri. Pada saat mencoba produk tester, coba hindari penggunaan produk yang lembap. Lipstik, lipbalm, higlighter stik merupakan beberapa produk yang menjadi sarang bertumbuhnya bakteri. Oleh sebab itu, bayangkan saja bila Anda mencoba tester lipstik langsung ke bibir Anda, hal tersebut sama saja dengan Anda memindahkan sebagian besar koloni bakteri pada produk ke bibir.

Jadi apabila ingin mencoba produk tester, pilihlah produk yang kering seperi bedak tabur, blush on, dan eyeshadow bubuk. Dan ingatlah untuk terlebih dahulu membersihkan produk sebelum mencobanya.

3 dari 5 halaman

2. Hindari mencoba produk tester pada wajah

Ilustrasi spons makeup (iStockphoto)​

Bakteri yang terdapat pada produk tester tersebut akan mudah berpindah ke kulit saat terjadi kontak dengan kulit kala Anda mencobanya. Maka pastikan Anda tidak pernah mencobanya langsung pada wajah. Jika ingin mencoba lipstik, ada baiknya memulaskan warna tersebut pada telapak tangan dan segera bersihkan dengan alkohol untuk mencegah kulit agar tak terkontaminas oleh virus.

4 dari 5 halaman

3. Bersihkan produk tester sebelum dan sesudah mencobanya

Ilustrasi spons makeup (iStockphoto)​

Jika benar-benar ingin mencobanya, ketahui secara seksama produk apa yang benar-benar aman untuk dicoba. Namun jika sangta terdesak, pastikan Anda untuk membersihkannya terlebih dahulu. Dengan membersihkan menggunakan alkohol sebelum dan sesudah mencobanya, maka potensi tersebarnya virus akan semakin kecil.

5 dari 5 halaman

4. Jangan ragu menanyakan tester baru

Ilustrasi spons makeup (iStockphoto)​

Sebelum mencobanya, maka tak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui ketersediaan tester makeup yang baru. Jika Ada, maka Anda dapat dengan leluasa bereksplorasi mencari jenis warna hingga tekstur makeup yang tepat dengan kulit Anda tanpa perlu ragu untuk terjangkit virus yang membahayakan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.