Sukses

Kulkas dan Freezer Berbau? Lakukan Hal Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta Untuk membuat makanan mentah maupun sudah matang bertahan lama, Anda hanya perlu memasukannya ke dalam kulkas atau freezer. Suhu rendah dalam kulkas dapat mematikan bakteri penyebab bau pada makanan mati sementara sehingga dapat memperpanjang umur makanan.

Berbagai jenis bahan makanan dan minuman dapat Anda awetkan dalam kulkas, seperti sayuran, daging, soda, kecap, dan lain-lain. Namun jangan lupa, berbagai jenis bahan makanan dan minuman tersebut memiliki aromanya sendiri-sendiri. Hal ini menimbulkan campuran bau yang menyengat di dalam kulkas. Selain itu, kulkas Anda akan menjadi kotor akibat tetesan air yang berasal dari makanan dan minuman yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, Anda wajib membersihkan kulkas secara rutin sehingga kesegaran makanan dan minuman tetap terjaga. Dikutip dari realsimple.com pada Sabtu (18/11/2017), berikut  beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membersihkan kulkas.

1. Bersihkan tempat penyimpanan es

Ilustrasi Foto Freezer (iStockphoto)

Minum soda dengan es batu di siang hari yang panas dapat membuat tenggorokan Anda menjadi segar. Namun Anda harus memperhatikan kebersihan tempat penyimpanan es batu agar es batu yang Anda konsumsi tetap bersih. Anda harus mengosongkan tempat es batunya terlebih dahulu, karena pada dasarnya es batu mampu menyerap bau. Kemudian cuci tempat penyimpanan es batu dengan air hangat dan sabun yang dicampur dengan scrub.

1 dari 4 halaman

2. Bersihkan pintu, rak dan juga dinding kulkas

2. Bersihkan pintu, rak dan juga dinding kulkas

Ilustrasi Foto Freezer (iStockphoto)

Tak jarang Anda menemukan kulkas Anda berantakan dan kotor dengan berbagai remahan makanan yang terjatuh di dalam kulkas. Untuk membersihkannya, Anda harus menyingkirkan remahan makanan. Kemudian lap bersih dengan dua sendok makan baking soda yang dicampur ke dalam satu liter air.

2 dari 4 halaman

3. Bersihkan kulkas bagian bawah

Jika Anda sudah membersihkan seluruh bagian dalam kulkas, saatnya untuk membersihkan bagian luar, seperti bagian bawah, ventilasi, dan juga kumparan kulkas. Perhatikan bagian bawah kulkas.

Mungkin Anda tidak sadar ketika membersihkan kulkas bagian bagian dalam terdapat remahan makanan yang jatuh ke bagian bawah kulkas. Anda harus membersihkannya dari debu dan remahan makanan yang jatuh. Kemudian jangan lupa bersihkan kumparan dan ventilasi kulkas yang terletak di bagian belakang kulkas.

3 dari 4 halaman

4 Bersihkan Dinding Kulkas

Meski tidak terkena remahan makanan, kebersihan bagian luar kulkas tetap perlu diperhatikan sehingga kulkas Anda bersih sempurna. Bagian luar yang dimaksud adalah dinding bagian luar pada kulkas. Terkadang bagian kulkas terdapat noda atau bercak yang membuat tampilan luar kulkas tidak apik.

Ambil kain basah yang sudah diberi sedikit sabun, kemudian cuci bagian luarnya. Jika kulkas anda terbuat dari stainless steel sebaiknya Anda menggunakan sabun dan alat pembersih khusus agar stainless steel kembali mengkilat.

Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Cerek di Kamar Hotel Sering Dipakai untuk Mencuci Pakaian Dalam?