Sukses

Potret Generasi Muda di Era Milenial dalam Sebuah Pameran Foto

Liputan6.com, Jakarta Saat generasi muda ditanya apa yang membuat dirimu merasa sebagai orang Indonesia dan berjiwa Indonesia, tentu akan banyak jawaban yang diberikan. Masing-masing orang juga akan menjawab bervariasi.

Hal ini yang dilakukan oleh Riop seorang fotografer muda yang mengumpulkan jawaban-jawaban dari generasi muda dalam potret semangat generasi Indonesia. Foto-foto ini dihadirkan dalam sebuah photo exhibition yang menarik bertajuk Yang Muda di Era Milenial.

Proyek fotografi ini dilatarbelangi oleh keinginan Riop untuk meningkatkan kepedulian generasi muda tentang identitas diri mereka sebagai orang Indonesia. Riop sebelumnya juga merasakan krisis diri saat ia sekolah di luar negeri.

Fotografer berdarah Sunda ini pernah ingin menjadi orang luar negeri saja, namun pengalaman studinya di luar membuatnya sadar akan bangganya menjadi orang Indonesia dengan sikap gotong royong, ramah, dan akhirnya Riop menghadirkan pameran fotografi Yang Muda di Era Milenial ini bertepatan dengan bulan sumpah pemuda.

"Dulu saya ingin jadi orang luar negeri saja. Tapi seiring berjalannya waktu saya sadar Indonesia adalah rumah bagi saya. Saat saya sekolah di luar negeri saya merasa sebagai alien. Semangat ini yang ingi saya sampaikan dalam pameran foto ini," kata Riop saat diwawancarai usai konferensi pers pada Rabu (4/10/2017), di Plaza Indonesia.

 

 

1 dari 3 halaman

Perjalanan hidup Riop

Sebagai fotografer fashion, Riop tetap memberikan ciri khasnya pada foto-foto ini dengan menggandeng brand fashion lokal seperti Sejauh Mata Memandang, F Budi, DGTMB by Eko Nugroho, dan Pingpong Affairs.

Sementara lokasi foto dipilih Riop sendiri pada tempat-tempat yang biasa Riop lalui di Jakarta yang menggambarkan perjalanan hidupnya menjadi berjiwa Indonesia. Sebanyak 84 anak muda yang mewakili generasi milenial saat ini menjadi objek foto Riop. Foto ini diambil setelah Riop mendapatkan jawaban atas pertanyaan tentang berjiwa Indonesia.

2 dari 3 halaman

Foto generasi muda di era milenial

Pameran ini semakin menarik dengan dituliskan oleh Riop jawaban dari para generasi muda ini di atas foto mereka. sebanyak 84 pesona yang ditampilkan Riop ini dikerjakan selama satu setengah tahun. Jawaban juga dibebaskan untuk membuat generasi milenial yang bebas berpendapat.

"List nama ada ratusan dan sudah dikumpulkan dari satu setengah tahun yang lalu. Dari semua jawaban mereka menurut saya semuanya tidak salah benarnya tergantung perasaan masing-masing," kata Riop.

Melalui photo exhibition ini Riop ingin memperlihatkan bahwa semangat Sumpah Pemuda masih sangat tinggi, dan ingin menularkannya pada generasi muda lainnya yang melihat pameran foto Yang Muda yang Milenial di Plaza Indonesia sepanjang Oktober 2017.

"Saya ingin keluar dari kotak. Sumpah pemuda itu sejarah, semangatnya sekarang ya ada pada kita yang muda. Kita semua yang muda yang memiliki cara kerja yang berbeda dengan tujuan yang sama membanggakan Indonesia," tutup Riop.

Artikel Selanjutnya
RI Raih Juara 3 di Festival Musik Tradisional Uzbekistan
Artikel Selanjutnya
Teater Poda, Refleksi Kehidupan Dalam Pertunjukan Menyayat Hati