Sukses

Periksa Kecukupan Nutrisi dengan Baca 5 Tanda Wajah Anda

Liputan6.com, Jakarta Wajah ternyata dapat menjadi pertanda yang mudah diamati untuk memeriksa kesehatan Anda. Beberapa bagian wajah ini dapat memberitahu Anda mengenai nutrisi apa saja yang kurang di dalam tubuh. Seperti yang dirilis oleh lifehack.org, Senin (23/1/2017).

Bibir Pucat
Sepanjang hari bibir Anda berwarna pucat? Berarti tubuh sedang kekurangan zat besi. Untuk menghindarinya, konsumsilah berbagai makanan seperti daging-dagingan, kangkung, kacang-kacangan dan ikan. Beberapa suplemen zat besi juga tersedia bebas di pasaran, namun akan lebih baik bila Anda menjaga konsumsi zat besi dari bahan alami.

Luka Pada Sudut Bibir
Bila sudut bibir Anda sering terluka maka kemungkinan besar, konsumsi protein, zat besi dan vitamin B dalam tubuh sangat kurang. Makanan yang efektif untuk menambah zat ini adalah makanan organik, telur, ikan salmon, hingga kerang. Vitamin C juga akan membantu Anda untuk menghindari luka pada sudut bibir karena membantu penyerapan zat besi dan zinc.

Ruam Merah dan Kulit Wajah yang Bersisik
Memiliki kulit wajah yang memerah hingga bersisik? Kemungkinan besar Anda kekurangan vitamin B7 yang membantu metabolisme karbohidrat, asam amino, dan lemak. Untuk mengobatinya, konsumsilah banyak telur yang mengandung B7 atau biotin, yang memperkuat rambut dan kuku Anda.

Benjolan Putih dan Merah pada Pipi
Kekurangan protein seperti omega 3, vitamin A dan D akan membuat kulit wajah Anda berjerawat. Untuk meningkatkan vitamin A, biasakan banyak konsumsi sayur, ubi, wortel, dan paprika. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari paparan matahari yang cukup dan makanan seperti susu, yogurt, hati sapi dan margarin.

Mata Bengkak
Kekurangan yodium akan menyebabkan mata bengkak, kulit yang kering, dan peningkatan berat badan. Dapatkan yodium dari garam dapur, ikan asin dan rumput laut. Dengan asupan nutrisi yang tepat, wajah Anda akan kembali bersinar sepanjang harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini