Sukses

Mau Beli Tiket Pesawat untuk Libur Akhir Tahun? Simak 10 Hal ini

Liputan6.com, Jakarta Merencanakan liburan tentu menjadi hal yang penting untuk mengatur pengeluaran agar efisien. Salah satu perencanaan yang bisa dilakukan jauh-jauh hari adalah mencari tiket pesawat. 

Ditemui Liputan6.com di Hawaiian Bistro, Grand Indonesia, Jakarta, Senin (24/10/2016), Gaery Undarsa Co-Founder Tiket.com memberikan beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah dari biasanya.

Beli tiket pulang pergi
Membeli tiket pulang pergi dengan maskapai yang sama, bisa menghemat pengeluaran Anda. Hal ini disebabkan, harga tiket akan lebih murah dIbandingkan Anda membeli tiket pulang pergi berbeda maskapai penerbangan.’

Cari tanggal shoulder season
Shoulder season itu jeda waktu antara low season dan high season, contohnya untuk akhir tahun ini, kalau mau murah, beli tiket dengan tanggal keberangkatan sebelum 20 Desember,” ungkap Gaery.

Hindari akhir pekan untuk berangkat
Harga tiket akan lebih mahal ketika hari Jumat sore hingga Sabtu, sehingga bila Anda ingin berangkat, memilih Rabu atau Kamis lebih baik.

Hindari pulang hari Minggu
Pulang ke tempat tujuan akan lebih baik pada Senin atau Selasa, karena harga tiket lebih murah.

Online checking
Bila Anda pengguna penerbangan LCC (Low Cost Carrier), maka akan lebih baik bila anda memesan secara online, sehingga bisa memilih nomor kursi.

Jangan pilih penerbangan terakhir
“Karena penerbangan terakhir itu paling rentan dengan cancel dan delay,” ujar Gaery. Bila menghitung berdasarkan waktu, penerbangan pukul 9 pagi merupakan yang paling mahal, namun paling nyaman waktunya. Penerbangan sore dari pukul 3 sore hingga petang merupakan penerbangan paling murah, namun waktunya tidak nyaman untuk berpergian.

Manfaatkan promo
Rajin memperhatikan promo dan subscribe di situs penerbangan akan membantu Anda mendapatkan harga miring. Promo dari beberapa bank juga akan membantu Anda mendapatkan tiket murah. “Jangan lupa beli secepatnya sebelum kehabisan,” kata Gaery.

Check dan recheck
Bila sudah menemukan harga tiket murah di situs maskapai LCC, jangan lupa cek di situs maskapai Full Service, karena bisa jadi Anda berutung mendapatkan tiket yang bedanya tidak jauh.

Jangan beli last minutes
Bila Anda beli tiket mendesak, maka harga tiket akan jauh lebih mahal. Untuk itu rencanakan jauh-jauh hari keberangkatan Anda agar tiket yang lebih murah dapat didapatkan.

Hindari beli tiket secara rombongan
“Pesawat punya sistem kelas, jadi kelas yang murah akan diisi lebih dahulu, baru kemudian naik menjadi yang lebih mahal” Ucap Gaery. Ilustrasi sederhananya adalah, bila kelas yang paling murah tinggal 2 kursi dan Anda beli tiket rombongan untuk 10 kursi, maka secara otomatis, seluruh kursi yang diberikan adalah kursi dengan kelas yang lebih mahal. Lebih baik untuk membeli tiket pesawat secara terpisah sehingga harganya lebih murah.

Artikel Selanjutnya
Tak Mau Tiket Pesawat Hangus Saat Libur Panjang? Ini Triknya
Artikel Selanjutnya
Makin Praktis, Inilah Prediksi Trend Traveling di Masa Depan