Sukses

Trik Dapatkan Tidur Pulas Saat di Pesawat

Cuaca buruk, tidak bisa tidur di pesawat, dan bangun dalam keadaan jet lag merupakan kutukan yang kerap menghantui saat traveling.

Liputan6.com, Jakarta Kutukan saat naik pesawat adalah ketika tidak bisa tidur dalam suatu perjalanan terbang yang panjang. Perasaan tidak bisa tidur akan membuat Anda mengalami jet lag saat mendarat. Tak hanya itu, penelitian bahkan mengungkap, kurang tidur mampu menurunkan 20 persen kinerja otak. Sehingga menjaga untuk tetap tidur saat di pesawat dalam perjalanan panjang sangat dianjurkan.

Terry Cralle, seorang konsultan kesehatan yang berkedudukan di Washington DC menuturkan, ada cara tersendiri agar tidur di pesawat serasa tidur di kamar sendiri. Seperti dikutip dari foxnews.com, Selasa (27/9/2016), berikut beberapa cara mendapatkan kenyamanan tidur di pesawat.

Merencanakan Segala Hal dengan Baik
Merencakan hal sederhana memang terdengar mudah, namun praktiknya akan menjadi sangat berat. Padahal perencanaan yang baik bisa menjadikan Anda mendapatkan tidur yang nyenyak saat di pesawat. Menurut Cralle, jika Anda meluangkan waktu sebentar saja untuk melakukan perencanaan terhadap segala ha; saat ingin pergi berwisata, Anda tidak akan stres dan tidur akan datang lebih mudah.

Merenung
Baru-baru ini muncul audio yang mampu memandu Anda melakukan meditasi. Terbukti, suara-suara yang lembut akan membantu otak Anda untuk bersantai dengan cepat. Merenunglah, bayangkan Anda sedang mendengar gelombang, menonton indahnya langit di malam hari, dan mencium wangi bunga, itu benar-benar akan membantu Anda membebaskan diri untuk cepat tertidur.

Minyak Lavender
Sebuah studi kecil mengungkap, orang yang menghirup aroma lavender saat ingin tidur akan mengalami penurunan tekanan darah sehingga dapat tidur dengan nyenyak ketimbang yang tidak. Semprotkan wangi lavender ke bantal traveling Anda, semprotkan juga di sekitar Anda untuk mendapatkan aroma yang tenang dan bersiap masuk ke dalam mimpi.

Abaikan Hiburan dalam Penerbangan
Tidak peduli berapa banyak tayangan yang akan Anda tonton di televisi pesawat. Menyaksikan layar dengan gambar bergerak sama halnya memukul retina mata, dan memberitahu otak serta tubuh yang menjadikan tidur akan jauh lebih sulit dicapai.

Bawalah Sesuatu yang Menghibur
Jika ingin mendapatkan suasana senyaman kamar sendiri saat di pesawat, bawalah “teman” yang selalu menemani Anda saat tidur. Bantal perjalanan yang Anda cintai, menjadi salah satu yang bisa menghibur dan memberikan aroma keakraban dalam tubuh, sehingga tubuh memberikan isyarat perilaku bahwa sudah waktunya Anda untuk bersantai dan tertidur pulas. Hal yang sama nampaknya juga berlaku pada syal dan sweater.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini