Sukses

7 Penyebab Tidur Tidak Nyenyak

Ini alasan Anda tidak dapat tidur nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Susah tidur adalah masalah umum yang dihadapi semua orang. Bahkan ketika Anda dapat terlelap, akan kesusahan untuk tidur nyenyak sepanjang malam. Anda bisa terlelap pukul 9 malam, tapi terbangun pukul 3 pagi dan tidak bisa tidur lagi.

Tidur yang cukup seharusnya memberikan rasa segar dan prima di pagi hari. Namun jika tidur terganggu, kemungkinan tubuh terasa pegal dan lelah sepanjang hari.

Apa saja penyebab tidur tidak nyenyak? Simak beberapa alasan yang dilansir dari Huffingtonpost.com, Rabu (5/10/2016), berikut ini.

1. Terlalu banyak kafein

Anda mungkin tahu bahwa kafein dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur. Namun, benda ini ternyata juga dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih buruk, dan membangunkan tubuh di tengah malam. Kafein dapat bekerja pada tubuh 3-5 jam, di mana tubuh membutuhkan waktu berjam-jam sebelum bisa pergi tidur. Lebih baik, hindari minuman berkafein 6 jam sebelum tidur.

2. Stres

Stres dan kurang tidur merupakan dua hal yang menjadi sahabat karib. Jika Anda stres, otomatis menjadi susah tidur dan berujung insomnia. Jika tidak memiliki tidur yang cukup, tubuh Anda menjadi bertambah stres. Lebih baik, coba perbaiki pola istirahat dengan tidur selama minimal 8 jam.

3. Lingkungan tidur

Lingkungan dan tempat tidur dapat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Contohnya, jika dikelilingi suara berisik akan membuat tidur Anda terganggu. Coba untuk membuat lingkungan tidur Anda senyaman mungkin. Contohnya dengan memilih tempat tidur yang empuk, dan kamar yang bersih. Pastikan juga Anda mengatur cahaya kamar agar redup dan membuat gampang mengantuk.

4. Sakit punggung

Sakit punggung pasti membuat tidur tidak nyaman. Jika Anda memiliki jenis sakit kronis, segera hubungi dokter untuk menjalani pengobatan. Pastikan juga pilih posisi yang tepat untuk membuat Anda merasa nyaman.

5. Hormon

Hormon juga berpengaruh terhadap kualitas tidur. Jika terdapat hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh, tidur pasti akan terganggu. Datang bulan, hamil, menopause juga dapat membuat wanita tidak tidur nyenyak. 

6. Alkohol

Banyak orang yang menganggap alkohol dapat membuat cepat mengantuk. Namun sayangnya, hal ini justru membuat Anda memiliki kualitas tidur yang buruk. Setelah alkohol masuk ke metabolisme tubuh, ia akan membuat tubuh tidak tidur nyenyak, dan membuat terbangun sepanjang malam.

7. Terlambat makan

Camilan tengah malam masih wajar dikonsumsi sebelum tidur. Namun, makan berat sebaiknya dihindari karena bisa membuat tubuh mengalami gangguan pencernaan atau asam lambung yang naik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.