Sukses

5 Tempat di Mana Anda Dapat Melihat Habitat Penguin

Siapa yang tak suka penguin? Anda dapat melihatnya di tempat-tempat ini.

Liputan6.com, Jakarta Penguin adalah salah satu spesies paling menarik dari 'animal kingdom', berkat kepribadian mereka yang lucu dan warna tubuh yang membuat mereka seperti menggunakan tuksedo. Burung yang telah berevolusi selama lebih dari 15 juta tahun untuk menjadi lebih kuat, perenang yang handal yang dapat bermigrasi dalam jarak yang jauh untuk mengejar ikan.

Ada 18 spesies penguin yang populasinya menurun karena perubahan iklim, perusakan habitat, polusi, dan penangkapan ikan yang berlebihan. Kenyataannya, lebih dari setengah dianggap terancam populasinya.

Anda dapat mendukung kelangsungan hidup mereka dengan mengunjungi koloni mereka yang dikelola dengan baik dimana para petugas yang membuat tur selalu menjaga habitat dari penguin dan memberi arahan kepada pengunjung tentang upaya konservasi.

November sampai Maret adalah saat terpanas di bumi bagian selatan dan itu menjadi waktu yang tepat untuk dapat melihat spesies penguin. Selama musim panas, mereka lebih banyak menghabiskan waktu di pantai untuk berkembang biak, membuat sarang, dan membesarkan anak mereka.

Dari Antartika dingin ke pantai Afrika Selatan, berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk melihat penguin berkeliaran bebas.

Dilansir dari Cntraveler.com pada Jumat (7/10/2016) inilah tempat yang dapat menjadi destinasi untuk melihat habitat asli dari penguin.

Pantai Boulders, Cape Peninsula, Afrika Selatan

foto: www.asthebirdfliesblog.comKetika Anda mengunjungi Pantai Boulders, Anda akan melihat lebih dari 1000 ekor penguin yang hidup di sana. Mereka disana biasanya sedang bermain di pasir, berjemur di bebatuan, atau menyelam ke dalam laut.

Punta Tombo, Argentina

foto: www.grayline.comUntuk mencapai Punta Tombo berarti Anda harus berkendara melewati daerah yang berdebu dan berangin kencang dari Trelew. Ketika sudah dekat Puta Tombo, Anda akan melihat satu persatu penguin muncul dan akhirnya jumlah mereka akan berjumlah ratusan ekor saat di pantai di mana mereka bertelur, mengepakkan sayap mereka, atau berteriak dengan teriakan keras mereka.

Phillip Island, Melbourne, Australia

foto: pinterestDi Phillip Island, berjarak 90 menit dari pusat kota Melbourne. Kumpulan penguin akan mulai keluar dari air pada saat sunset dan akan menuju bukit pasir dan menggali lubang untuk tempat mereka beristirahat pada malam hari.

Pulau Chiloe, Chili

foto: patagoniasouthernlandexpeditions.comBerjarak 1,5 mil dari daratan Chili, Pulau Chiloe bisa mewujudkan mimpi Anda untuk dapat melihat penguin di habitatnya. Di mana di sisi utara Pulau Chiloe, tepatnya di Ancud terdapat sarang pinguinera (koloni penguin) dari spesies Humboldt dan Megellanic. Beberapa perusahaan penyedia jasa wisata lokal di sini tidak hanya akan membawa Anda menyusui pulau dengan perahu kecil, tapi juga menyediakan pakaian yang sesuai dengan cuaca di sini.

Antartika

foto: blogs.dw.comSaat Anda berada di Antartika berarti Anda sedang ada di ujung bumi. Ada beberapa perusahaan penyedia jasa wisata yang bisa berlayar ke Antartika, seperti National Geographic Expeditions dan rute dari Abecrombia & Kent. Selain melintasi beberapa pemandangan paling murni di planet ini, peralanan ke selatan membawa Anda melewati beberapa habitat penguin, termasuk Falkland dan Kepulauan Georgia Selatan. Setelah Anda menginjakkan kaki di benua es, Anda akan dapat berujmpa dengan beberapa spesies burung hitam-putih, termasuk Kaisar dan penguin Adelie yang terkenal.

(Achmad Rully P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini